-->
Nafilata Primadia

Teman, Teman Sejati<--Kualitasnya?

Teman, Teman Sejati<--Kualitasnya?
desi,wijil,saya
dirga,wijil,des

hai semuanya,, apa kabarnya yah. semoga baik baik saja ya ^^
ini ngetik ngumpulin kata-kata sebenernya sambil ngeganjel mata pake tusuk gigi, soalnya mata udah lowwatt, tapi  dari tadi gak ktiduran juga. ehh udah ketiduran sih, ketiduran sama bantal sama guling.
malem ini, akunya mau cuap cuap nasi sedikit ahhh*upsKokNasiya :D hehehe
mau sedikit cuap cuap tentang yang pernah aku bahas juga bersama teman yang bernama Wijil septiandari
*jangan percaya ya, kalo ini sedikit, kayak yang udah-udah, niat mbuatnya sedikit, tapi dipindahin ke word jadi 5lembar deh*


oke, pemirsahh selamat malam. bertemu lagi dengan saya Jeremy Bety sepupunya sepupu Jeremy Teti :D
pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Teman--> sahabat

kalo di status pesbuk itu yang biasa aku baca ya,
"Di dunia ini susah ngedapetin seorang sahabat"
iya emang bener tuh, ndapetin sahabat yang bener-bener sahabat itu susah banget, sahabat yang selalu ada saat suka dan duka. jangan ada cuuman pas saat suka bahagianya aja, cuman mau minta traktirannya aja, tappi sahabat yang bener-bener sahabat bersedia ada waktu lagi duka, sedih, berlinang air mata. malah kata pepatah, kalo gak salah sih ya(re:bener) Kadang teman itu lebih berguna dari saudara kandung.
tapi ya tadi itu,  itu bukan sembarangan teman.
kalo saya sebagai muslim, kebetulan tadi abis ngebaca koran..pas bener disitu dibahas tentang teman setia, sedikit saya mengutipnya berikut ini,

nah yang dijadikan sebagai contoh teman setia itu adalah Abu Bakar. beliau yang membuat Nabi Muhammad SAW tegar dalam mengahdapi tantangan dakwah yang silih berganti. tidak sembarangan teman dapat dipercayai, hanya teman yang bersedia di saat susah dan sedih yang patut dijadikan sandaran hat. karena, saat jaya dan bahagia, teman baik tak bisa diuji.
untuk melihat patokan kualitas teman, nasihat sastrawan Arab klasik, Tharfah bin al-Abd, patut direnungi, "Jangan bertanya pada seseorang tentang dirinya. tanyalah pada temannya tentang siapa dia. seseorang selalu mengikuti apa yang dilakukannya." ini selaras dengan sabda Nabi. "Orang akan mengikuti kecenderungan dan sikap temannya. oleh karenanya, perhatikanlah siapa temanmu."(HR Tirmidzi).
singkatnya, teman adalah cerminan diri. para sufi menyebut, ruh kita itu tentara yang berbaris. barisan yang kita pilih adalah identitas azali kita. teman mana yang membuat kita nyaman, itu sejatinya karena diri kita. karenanya, dalam islam ditekankan pentingnya memilih teman. jika salah pilih, tidak hanya jati diri yang hilang, tapi harga diri.
tanpa disadari, surga dan neraka kita pun, ada andil siapa teman yang kita pilih. Nabi SAW berpesan "Seseorang akan dikumpulkan dengan orang yang disukai."(HR al-Bukhari).

itu tadi sekilas kutipannya.

sekarang saya mau ngebahas dikit lagi tentang tanggapan orang yang suka mengatakan
"temen macem apa, dateng disaat lagi butuh aja."
iya kalo dirasaian sih emang ya, temen macem apa gitu..nongolnya, ngaku ngaku temennya kalo pas lagi butuh.
tapi kembali lagi ke sifat manusianya,, manusia itu melakukan hubungan dengan makhluk yang lainnya itu untuk memenuhi kebutuhannya. kalau aku pribadi sih kadang bisa menerima teman yang datang disaat butuh, dan kadang juga enggak sih. tergantung kebutuhannya dia kayak apa dulu juga. kalo temannya datang pas lagi butuh duit, mau pinjem duit, dengan jumlah yang terlalu besar, ataupun datang untuk meminjam hal lain, yang memang dia sendiri tau kita untuk mendapatkannya susah. bukan bermaksud pelit sih,heheheeh,,,
contohny nih ya. aku punya temen lama. udah 4tahun kita kenal. tapi udah hampir dua tahun kita misscomunication. tiba-tiba dia dateng. datengnya nek pesan singkat.
t: assalamualaikum
a:waalaikum salam
t:apa kabar nih?
a:alhamdulillah baik. maaf ini nomor punya siapa ya.
t:syukur deh, keluarga kamu gimana kabarnya? ini *tuuuuuuut*(kerenkan,namanya tut gitu :D)
a:baik juga. oh, kamunya apa kabar?
t:baik juga. naf, boleh minta tolong gak?
a:minta tolong apa?
t:boleh pinjem duit gak?
a:(aku aja lagi pengkerean abis) berapa?-->soknya punya banyak duit gitu
t:*tut*juta.
a:nelen ludah,nelen hape,kunyah-kunyah batre hape*helloww,heloow bandung, aku sangunya aja sehari cuman bisa nyisihin dua rebu, nah situ mau pinjem nyampe jutaan,bisa ngesot-ngesot tuh berangkat sekolahnya aku.--___--.
a: buat apa, banyak bener. aku ya gak adalah.
t:yah, gak ada ya.. mau buat bisnis. beneran gak ada apa?
a:dalem pikiran-->kalo ada juga ogah amat aku minjeminnya, ntik ngilang lagi kayak yang hampir dua tahunnya ini :P
t:yaudah deh makasih.
a:(emang aku udah ngasih apa gitu, kan aku gak jadi pinjemin duitnya :D)

nah yang kayak gitu tuh, yang menurut aku,, temen yang datengnya pas butuh doank, temen macam apa. gak kirakira lagi kan butuhnya. udah tau, sesama pelajar yang butuh duit buat bayaran. pelajar yang gak tebel kantongnya,, emangnya duit bapake inyong tinggal ngeruk nang ngarepan umah apa yak.

tapi kalo misalnya ada temen yang dateng, mau minta anterin kemana gitu, asalkan aku mampu yah itu sih gak apa kok, temen yang dateng di saat butuh saja, masih untung juga sih tuh temen inget kita. heheheh
kalo temen dateng kumpul-kumpul, ngorbrol ngobrol, itu juga menurut aku teman yang datang disaat butuh, butuh untuk berbagi cerita, butuh melepaskan rasa kangen didada :D.
selama sekolah juga, gak sedikit(re:banyak) temen yang dateng di saat butuh doang, walaupun itu dikelas. temen kalo gak butuh lawan ngobrol, yah mana mau dia gabung ikut nimbrung ngobrol sana-sini, temen yang gak butuh hibuuran, geh buat apa dia ikut ikut becandaan.:D
jadi,, teman-teman semuanya sekalian, kadang kita harus memaklumi sikap teman kita yang datang disaat dia butuhnya saja, karena begitulah manusia, bersifat sosialis, membutuhka yang lain. makanya dia menghubungi kita :D
sekian aja deh, share cuap cuapnya kali ini. semoga bermanfaat ya teman-teman :D

sumber:
Harian Repulika, edisi Kamis, 21 Juni 2012. kolom Hikmah olehMoch Syarif Hidayatullah
Nafilata Primadia
Load comments