-->
Nafilata Primadia

Mari Bercermin

Mari Bercermin
Bismillahhirahmannirrahim.
Alhamdulillah, masih bisa ngeposting lagi nih diblog. Hampir saja blognya jadi sarang kecoa #eh
Yuk, cekidot ke yang mau dibahas :))


Miris rasanya, ketika mendengar seorang wanita yang mengata-ngatai saudaranya yang sesame muslim. Dulu saya memang pernah seperti itu, berprasangka
Untuk apa pake jilbab, kalo kelakuannya masih buruk.
Untuk apa pake jilbab, kalo toh jarang solat.
Untuk apa pake jilbab, kalo kerjaannya masih suka bohong, suka pacaran, suka nyontek.
Untuk apa pake jilbab, kalo masih blab la blab la blab la …seterusnya
Saya memang pernah berpikiran seperti itu kepada seorang wanita yang memang saat saya lihat berkelakukan seperti itu.
Namun, seiring berjalannya waktu, saya mulai menyadari.
Saya, mulai menanyakan pada diri saya sendiri.
Memangnya saya yang pake hijab ngomongin orang yang gak berhijab, bisa lebih baikkah dari wanita muslim yang sedang dikatainya?
Jika sudah tau itu tidak baik, tentu saja, tidak boleh mengikutinya. Karena sudah jelas itu salah, tidak sesuai dengan syariat islam.
Dan kalian yang belum berhijab, pernah berpikiran seperti itu kepada saudara muslimah kita yang lain, kalau kalian memang merasa dia 'memalukan' islam Karena hijab dan kelakuannya yang tidak sesuai, mengapa anda tidak memberikan contoh kepadanya, muslimah berhijab yang mempunyai kelakuan baik. Yang tidak memalukan islam.
Sekarang, saya mulai menghargai setiap muslimah yang sudah mengambil keputusan untuk menutup auratnya (berhijab) terlepas dari syar’I tidaknya, mungkin itu akan butuh proses. Perubahan itu pasti akan terjadi.
Kadang saya kembali berpikir, yang pakai hijab saja terkadang masih lose control, apalagi yang enggak. Saya jadi teringat dengan salah satu firman Allah yang artinya
“Maka celakalah orang yang solat”
Allah saja berkata celaka kepada yang solat. Tepatnya yang solatnya tidak disiplin. Apalagi yang tidak solat kan. Sebaik-baiknya sikap orang yang tidak solat, akan lebih baik sikap orang yang menjalankan solat :’)

Bukan hanya masalah hijab dan kelakukan yang tidak sinkron yang tak jarang menjadi bahan omongan, seorang wanita muslimah yang memakai hijab yang 'besar' dan panjang pun, masih saja dikatai.
Seharusnya memang kita bercermin dahulu, melihat kondisi kita.
bayi imut dan lucu
Bercerminlah Dahulu

Menurut saya, muslimah yang memakai hijab seperti itu, adalah muslimah yang luarbiasa. karena menurut saya dia memiliki kekuatan hati dan iman yang hebat. Sekarang inikan, banyak orang yang sesama muslim aja ngatain saudaranya. Masa yang pakenya hijab 'gede' dan panjang, masih dinilai seperti teroris sih.
COba kita buka al quran surat al ahzab ayat 59. Terjemahannya adalah seperti berikut ini.
"Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin "Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu agar mereka mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."

kemudian pada QS An-Nur ayat 31, yang terjemahannya adalah sebagai berikut.

Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah Menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

note: jilbab adalah sejenis baju kurung(sejenis gamis kalo modernya ya) yang lapang (longgar) yang dapat menutup kepala, wajah dan dada.







Muslimah yang berhijab itu lebih cantik ~(^^~)
alila hijab cantik untuk muslimah
Muslimah Berhijab Cantik

Ya, demikianlah yang dapat saya bagikan kepada kalian. Semoga bermanfaat. Memang sayapun belum sesuai dengan apa yang diperintahkan dalam ayat tersebut. Dan semoga perubahan menjadi lebih baik akan selalu saya lakukan. Wallahualam.

Nafilata Primadia
Load comments