-->
Nafilata Primadia

Lapah-Lapah Mit Batu Tegi

Lapah-Lapah Mit Batu Tegi

Sudah 18 tahun gue hidup di tanah Lampung, tapi baru kesampeannya pada tanggal 26 Agustus lalu. Yah agak sangat kejauhan ya baru nulisin ceritanya sekarang. Tapi gak apadeh. Daripada tidak sama sekali kan yee :P. Untuk judulnya itu artinya jalan-jalan ke batu tegi

Awalnya hari itu gue masih agak rau untuk ikut pergi ke Batu Tegi. Maklum mahasiswa aktif mah acaranya ada dimana-mana gitu. Jam terbang gue padet banget. Saking padetnya sih sampe mau ketemu sama Obama aja harus dicancel jadi tahun depan #EhGaring. Waktu itu gue masih mendapatkan amanah jadi koordinator pembuatan buku saku dari UKM yang gue ikutin. Jadi gue harus mengusahakan diri untuk menghadiri rapat plenonya. Tapi disisi lain gue mengalami konpirasi hati, antara kemakmuran UKM atau kemakmuran hati. Kalo gue gak ikut ke Batu Teginya...kapan lagi gue bisa maen kesana :3. Tapi gak bisa juga gue meninggalkan amanah gue begitu saja.

Dan akhirnya gue memutuskan untuk pergi saja ikut ke Batu Tegi bersama kakak-kakak Sahabat Pulau Lampung(SPL). Kebeneran gue juga ikut komunitas ini. Ada yang belum tau tentang #Sahabat Pulau?? bisa diliat infonya di @IDsahabatpulau  atau langsung mengunjungi www.sahabatpulau.org.

Untuk menuju suatu kesuksesan emang butuh perjuangan.
Udah kena tilang polisi...eh ban pecah juga. Emang deh...lagi rezeki bener buat kak Miko -.-. Alhamdulillahnya bukan gue yang mengalami itu :3

Rencana awalnya kita berangkat dari Bandarlampung, tepatnya dari Universitas Lampung itu jam 8. Karena untuk menuju ke Batuteginya lewat simpang ke arah rumah gue, jadinya ya gue nunggu depan simpang aja gitu. Namun, pada kenyataannya, rencana untuk tidak kesiangan beralih menjadi begitu kesiangan -.- Untuk lamanya perjalanan menuju lokasi itu dari Rajabasa sekitar 120menit--naek motor--dikendarai sendiri

Berhubung belum tau sejauh apa lokasinya, gue sih modal isi bensin 2 liter dieceran. Itu aja udah abis 16ribu huhuhuuu. Dan ternya cukup jauh juga deh menuju ke Talang Padangnya. Tapi temen SMA gue kok pada rajin pulang kampung ya dulu waktu sekolah. Padahalkan rumahnya jauh-jauh begini. Apa gak capek dijalannya huh.

Kan ini rencananya sekalin mau silaturahmi ke kakak sesepuh di SPL...yaitu kak Miko :3. Dia abis wisudaan loh setelah penantian beberapa semester lamanya..akhirnya...Happy Graduation buat Kak Rumicko Rivando :). Lanjuut...
Sampe di rumahnya pas diwaktu perut lapar...eh maksudnya pas jam makan siang. Seperti sudah terencana dengan baik begini. Sampe rumahnya, langsung bisa makan. Alhamdulillah menunya melegekan, sampe bikin gak kuat berdiri.hhe

You know what...di rumah kak Miko ini berasa lagi dikerajaan kucing. Dimana-mana ada kucing. Kucingnya banyak. Gue suka liat kucing yang bersih dan lincah, tapi gue gak tega kalo dielus-elus sama kucing. Yap, bukan gue yang ngelus-elus kucingnya, malah gue yang dielus-elus. Etdah..ketara kan kalo jomblo :9.

Dan beginilah penampakan manusia-manusia yang mendapat makan siang gratis 4sehat 5sempurna :D

Dari kiri ke kanan: Kak Awan, Riska, Gue, Taqiya,Cindona, Mbak Ema
kamilah pasukan penyantap makanan gratis :3

Sehabis makan, poto-poto bentar dulu lah depan rumah kak Miko ini. Udah pamitan dulu sih sama ibunya. Ibunya diajakin poto juga gak mau. Akhirnya adeknya kak Miko deh yang disuruh motoin #Nahloh hhe.

tebak. Mana yang angkatan paling muda :p


sebenernya masih ada beberapa poto tapi itu udah cukup kan menyenangkan hati kalian :3
Biar kita cepet ke Batu Teginya.

FYI:Waduk  Batutegi terletak di Desa Harong Kecamatan Airnaningan, Tanggamus Lampung. Bendungan  ini merupakan bendungan tertinggi di Asia Tenggara loh...bolehlah kan bangga :). Bendungan Batu Tegi di bangun pada tahun 1995  dan selesai pada tahun 2003 dan di sahkan pada tahun 2004 oleh Presiden Megawati.

Udah berangkatnya jalan jauh, eh ini pas mau ke Batu Teginya malah lewat jalan muter-muter dulu. Ya ampun...lampung emang luas ya. Apalagi Indonesianya. Uhhh Indonesia Ini emang Keureun Abisssss Lope-lope buat Indonesia dah pokoknya.

Setelah naik turun bukit menuju Batu Tegi, berjuang melewati segala tikungan tajamnya...terlihat setitik terang tulisan Batu Tegi. Dan watttaaaaaaaaaaaaaaa kami sampai juga.:))
Sempet gak kuat nanjak juga gue bawa motornya. Maklum, Honda Beat dengan beban 100kg ++ ya musti ngeden-ngeden dulu gitu biar kuat nanjak :3

You Must Know...daerah Bendungan Batu Tegi bener-bener nanjak dan nurun abis. Bisa bikin bensin cepet abis disaat nanjak. Dan bisa ngirit bensin waktu turunannya. Dan didaerah sekitarnya itu dingiiinnn, Duhhh, daerahnya tuh masih Hijauuuu euy. Pohonnya masih gede-gede begitu :3. Asyik kali ye punya gubuk disini. Not villa. Bisa hancur bumi kita kalo diisi villa semua tempat yang ijo royo-royo begini :0.

Awalnya sempat meragukan kak Miko si petunjuk jalan yang lupa jalan. Bisa ngedorong motor mendadak kalo sampe muter-muter dulu untuk benar-benar sampe dibendungannya yang nyata.

Dan sampelah kita pada gerbang kedua. Gerbang dimana kita akan disambut oleh...ummm dia ngakunya sih sebagai penjaganya. Biaya masuknya satu kepala 3 ribu rupiah. Murahkan? Lah iya. yang penting jaga kebersihan alam kita ya :)

Pokoknya mata kita akan dimanjakan banget sama pemandangan ijo royo-royo dan anginnya yang sepoi-sepoi aja lewat. Dibeberapa bagian, anginnya keliwat kenceng nian :). Dan untuk menuju lokasi bendungannya, jalannya menurun kok,,,irit bensin euy. Mesin motor dimatiin, tetep bisa jalan deh.hhe

Pas sampe tempat yang dituju...huhhhh panasnya. Kebelet pipis pula. Dan satpamnya masih pergi makan siang(katanya) gue harus berjuang menahan labilitas urine yang sudah diujung tanduk :(
Untungnya ada ibu-ibu penjual minuman yang baik hati. Dia nyuruh anaknya buat nemenin gue ke kamar mandi di rumahnya nebeng pipis. Ternyata rumahnya lumayan jauh begitulah pemirsaaahhh.

Beberapa saat kemudian rasanya legaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Waktu sampe di depan gerbang ketiga menuju bendungannya itu jam 2an. Jadi masih panas-panasnyagitu. Karena di gerbang ketiga ini daerahnya kurang pohon. Kan dibuat jalan menuju bendungan.
Sambil nunggu dibukain gerbangnya, kami nonton film 5cm dulu deh di leptop.hhe

Nih ya ditempat yang gerbang ketiga ini, ada tebing tinggi yang dilapisi sama semen. Katanya sih itu buat panjat tebingnya gitu. Menurut gue ini cocok jadi lokasi buat pernikahan. Bahkan gue udah berencana memasukkan tempat ini sebagai lokasi pernikahan gue besok :3hhe. Kurang apalagi, nih tempat juga pernah jadi lokasi acara Masih Dunia Lainnya-trans 7. Yang katanya serem. Tau deh, gue sih gak pernah liat. Udah gak kuat mental untuk menyaksikan yang begituan :3. Tapi kalo acara itu dilakukannya di rumah..apa ya disebutnya..pokoknya kayak rumah itulah diatas tebing itu. Lah udah keliatan sih kalo serem.

beberapa saat kemudian...
terlihat anak-anak yang juga dateng maen...sengaja lompat dari atas pagernya.
Huh...akhirnya rombongan gue juga ikutan. Tapi kita gak perlu lompat, orang gerbangnya gak dikunci ehhh. Oh iya, menurut ibu-ibu penjual minuman disana...kalo bawa kendaraann sampe ke tempat mau masuk kebendungannya, itu nanti musti bayar ke petugas diposnya. Posnya berada diantara gerbang menuju bendungan dan dunia luar :D. Bayarnya itu 3ribu rupiah lagi. 

Sebenarnya, tidak diperkenankan masyarakat untuk memasuki kawasan bendungan yang juga kawasan pembangkit listriknya. Tegangan listiknya tinggi disana. Dengan banyaknya, kabel-kabel berwana hitam yang diulur dari ujung tebing menuju tempat pembangkitnya itu...cocok banget buat flying fox. Asli :3

Wah...akhirnya gue merasakan berjalan diatas bendungan tertinggi di Asia Tenggara. Tegi itu konon singkatan dari Tertinggi :). Banyak mitos mengenai tempat ini loh. Gue juga dapet guru SMA gue. Ceritanya sih waktu itu lumayan serem. Gue kasih dulu ya beberapa poto-potonya



ini duduk diatas bendungannya




dibelakangnya itu banyak kabelnya yang cocok buat flying fox


di belakangnnya itu adalah tumpukan batu yang dijadikan bendungan

air waduknya gak keliatan:(. Yang keliatan kue ulangtahunnay taqiya

ini lagi liat monumen nama-nama korban yang meninggal saat pembangunan waduk

horeee..keliatan dikit airnya. Dilokasi letter  S nya
berdiri diatas bendungannya yang jadi jembatan
Bendungan Batu Tegi ini menyimpan banyak misteri. Dulu waktu SMA gue pernah diceritain sama guru elektro gue, tentang kisah mistis dari tempat ini. 
Untuk tempat semacam ini di Indonesia dapat dipastikan punya semacam pawang. Entah ngepawangin apa itu. Kabarnya, untuk kondisi waktu tertentu dengan ciri-ciri suasana mendung tapi gak ujan, dari pagi sampai siang, itu tidak diperkenankan untuk melihat turbinnya. Oh iya. gue kasih tau dulu...turbin di Batu Tegi sekarang udah gak seberapa gagah lagi, udah karatan kabarnya. Gak boleh sembarangan masuk. Bisa terjadi hal yang tidak diinginkan kalo memaksa masuk. Pembangunan bendungannya sendiri menelan beberapa korban jiwa. sekitar 13 orang. Dan nama-nama mereka diabadikan di monumen yang potonya tadi ada di atas. Lanjut kecerita guru gue...Dulu, suatu hari ada serombongan keluarga yang berlibur kesana. Ada seorang anaknya yang berumur sekitar 6tahunan, ternyata anaknya itu seorang indigo. Kan katanya kalo indigo bisa lihat yang macem begitu-begitulah ya, Yang lembut-lembut kayak habis dimoltoin gitu. Pas beberapa saat udah turun dari mobil, tiba-tiba cuacanya jadi mendung berkabut gitu. Nah kemudian si orang tua ngajakin anaknya untuk balik naik ke mobil, dan pulang aja. Tapi si anak yang udah terlanjur turun dan ngeliat sekelilingnya, gak mau diajak pulang. Si anak bilang, kalo dia masih pengen maen disitu. Kata si anak, disana banyak temennya. Rame. Ada yang lari-lari. Ada yang ngajakin anak itu juga. Padahal ditempat itu cuman ada keluarga anak itu aja. Gak ada anak-anak yang laen lagi.

Gak cuman cerita itu, ada lagi.
Suatu hari ada pemuda yang berkunjung ke batu tegi dan dia memaksa untuk ngliat turbin yang ada disana. Udah ditunggu beberapa lama, si pemuda itu gak keluar-keluar deh. Taulah endingnya begimane :(

Nah yang paling bikin gue merinding dan gue rasaian.
Dulu guru gue pernah bilang. Di Batu tegi ini ada tempat yang pokoknya jangan sampe kita bilang 'Bau apa sih ini'..pokoknya ada lah tempatnya gitu. Katanya kalo sampe kita bilang kayak gitu ditempat itu, sampe kapanpun kita akan ngecium bau itu. Hiiii serem ya :0

dan kabarnya...di lampung tempat yang terkenal horrornya sih di Batu Tegi ini, mungkin setelah Youth Camp ya :D hhe

Tapi...apapun mitosnya. Keindahan Alamnya memang teteup Memanjakan sekali. Pokoknya, orang Indonesia yang nyesel tinggal di Indonesia pasti karena maennya sering di Mall. Belum tau kekayaan Alam Indonesia dari ujung keujung ini. Cinta Indonesia dong. Jaga kelestariannya.
Menurut gue adanya mitos-mitos yang sedikit horror pun nampaknya sudah biasa di tempat wisata Indonesia ini bertujuan untuk menjaga kelestarian tempatnya.

Sayangnya dibeberapa bagian di Batu Tegi ini terselip sampah-sampah bekas botol minuman dan makanan ringan. Sungguh tega orang yang begini. Mereka inilah yang lebih horor dari cerita mitos  guru gue :p
Oke sekian aja ceritanya. Ayo visit lampung. Nanti bisa liat lumba-lumba juga di Lampung :) :*


Nafilata Primadia
Load comments