-->
Nafilata Primadia

[Cerbung] Ayat-Ayat Cinta 2 Bagian 63

[Cerbung] Ayat-Ayat Cinta 2 Bagian 63

[Cerbung] Ayat-Ayat Cinta 2 Bagian 62



"Apakah yahudi-yahudi yang tadi mengucapkan kata amalek itu juga kelompok ortodoks seperti goldstein, mas?"

"Saya tidak tahu. Kita akan tahu kalau berinteraksi dengan mereka, melihat sikap mereka secara nyata dan berdialog dengan mereka. Tapi kita tetap harus adil dan obyektif bahwa tidak semua Yahudi seperti itu. Juga tidak semua Yahudi menyetujui tindakan Zionis Israel, meskipun bisa saya katakan sembilan puluh delapan persen orang Yahudo meyakini bahwa mendirikan negara Yerussalem yang mereka sebut israel itu adalah perintah agama mereka. Rabi yang moderat sekali pun meyakini itu. Meyakini bahwa mereka harus memiliki negara di tanah suci Yerussalem, di mama dulu ada Sinagog Agung. Itu masuk dalam ajaran ideologi mereka."

"Jadi bukan semata-mata politik?"

"Ya bukan semata-mata politik. Rabi Mach Schneier, pemuka Yahudi moderay di Park East Syangogue di New York pun dengan tegas mengatakan bahwa 'Negara Israel merupakan intisari teologi Yahudi'. Sejak dulu, negara israel telah menjadi perhatian kami, obsesi besar kami, selama lebih dari tiga ribu tahun. Namun, sayangnya, persoalan ini seolah-olah diperlakukan sebagai satu-satunya dari gerakan politik zaman modern.'"

"Jadi, kalau ada pengamat mengatakan persoalan Palestina-Israel hanya persoalan politik di Timur Tengah dan minta jangan membawanya sebagai persoalan teologi atau agama, itu pembodohan, mas?"

"Benar, itu pembodohan. Pengat itu bisa jadi bodoh alias tidak tahu, sebab kurang bacaannya, atau dia telah tahu tapi karena motif tertentu dia sengaja menyembunyikan kenyataan yang sebenarnya. Sebab pemuka Yahudi seperti Mach Schneier sendiri menolak dengan tegas jika masalah negara israel dianggap hanya sebagai aspirasi politik umat yahudi yang berusia sekian puluh tahun. Dia tegas mengatakan negara israel itu intisari teologi yahudi. Ie memberikan penjelasan panjang lebar. Dan mengatakan bahwa Yahudli sejati meyakini Tanah Israel merupakan konsep religius dengan makna yang sangat besar."

"Pantas, ketika mereka diberi tempat lain mereka menolak."

"Benar. Ketika Theodore Herzl membangkitkan gerakan Zionis dan mengajukanproposal agar orang-orang Yahudi dianjurkan untuk tinggal di Uganda. Seketika proposal itu ditolak dalam Kongres Zionis. Proposal Uganda itu dianggap sebagai penghinaan terhadap keyakinan-keyakinan Yahudi. Semua orang Yahudi selalu mengakhiri penjamuan seder Paskah dengan doa, "Tahun de[an Yerussalem."

Misbah mengangguk-angguk dan bergumam.

"Wah, pesat sekali perkembangan ilmu muqaranatul adyan*, mas Fahri."

"Selama di Jerman mengambil doktor, saya punya beberapa teman Yahudi. Untungnya mereka tidak ekstrem seperti Baruch Goldstein. Mereka jenis yang agak moderat, yang enak diajak diskuusi. Bahkan mereka tidak sepakat dengan kebijakan-kebijakan politik pemerintah Israel. Mereka tetap berpendapat, Negara Israel harus berdiri, namun warga Palestina harus diberi hak merdeka dan hidup layak."



***
(bersambung....)

*perbandingan agama
Nafilata Primadia
Load comments