-->
Nafilata Primadia

[Cerbung]Ayat-Ayat Cinta 2 Bagian 74

[Cerbung]Ayat-Ayat Cinta 2 Bagian 74




"Itu benar. Di negara-negara maju, banyak orang lebih suka pada anjungnya, karena anjingnya dianggap setia menungguinya dan menemaninya sampai tua. Kalau anak sendiri, ketika ibu atau ayahnya suah tua, banyak yang diletakkan dipanti jompo agar tidak merepotkan."


"tapi, orang-orang Turki yang berimigrasi ke Eropa tetap membawa tradisi kekeluargaanya yang kental. Tradisi berbakti pada orang tua masih dipertahankan. Meskipun mulai terkikis oleh budaya eropa yang individualis," sahut paman hulusi ikut nimbrung.

"Yang berasal dari tradisi islam biasanya sangat kuat dalam hal birrul walidain dan ikatan kekeluargaan. Tidak hanya turki, masayarakat indonesia, malaysia, india, pakistan, banglades, mesir, maroko, dan lain sebagainya, meskipun di eropa, ikatan kekeluargaannya lebih terasa dibandingkan yang asli eropa." Timpal Fahri.

"budaya cuek dan tidak perhatian terhadap orang tua itu salah satu budaya eropa yang tidak layak kita bawa ke indonesia. Khususnya ketika orang tua sudah jompo."

"Benar, Bah. Meskipun secara umum, secara hati nurani seorang anak itu, dari bangsa apa pun dia, ya sayang sama ibunya. Hanya kalau di Barat, sayang sama ibu itu ya memasukkan ibu ke panti jompo. Itu bentuk praktik budaya yang beda sama kita. Kalau kita sayang sama ibu, ya kita perhatikan, kita temani, kita rawat, sampai akhir hayatnya sepenuh cinta."

"Ada banyak hal di inggris raya ini yang membuat aku kagum, mas. Terasa sangat islami. Disiplinnya. Bersihnya. Keteraturannya. Penghargaan pada sejarahnya. Penghargaan pada ilmu pengetahuan. Budaya baca yang luar biasa. Jaminan sosialnya, kalau sakit gratis berobat, dan lain sebagainya. Sangat-sangat baguslah pokoknya. Namun terkadang juga menemui sesuatu yang membuatku terkaget-kaget karena jauh dari nilai islami. Misalnya kalau pas party. Inna lillah, minuman keras pasti ada, sering juga berlanjut zina."

"Ya intinya, ambil yang baik, buang yang tidak baik! Ambil yang sesuai ajaran islam yang hanif, buang yang tidak sesuai ajaran islam."

"Allahumma waffiqnya ya allah!"*

"Amin. Hujan-hujan begini mau makan apa, Bah?"

"Kalau di Indonesia, hujan-hujan enaknya makan bakso atau mi ayam."

"Nggak ada di sini. Itu harus buat sendiri."

"Saya ikut saja mas."

"Mau yang ada kuah panasnya?"

"Boleh itu mas."

"Paman, kita cari sop ikan."

"Ada beberapa pilihan tempat. Yang mana hoca?"

"Pierre Victoire saja. Ada sop ikan di sana. Pilihan menu seafoodnya juga lumayan banyak."

"Restoran Prancis yang di eyre Place New Town?"

"Ya."

"Baik, kita ke sana, Hoca."
***

*Ya Allah, beri kami taufik ya Allah. 
Nafilata Primadia
Load comments