-->
Nafilata Primadia

Dua Lawan Banyak di Kopdar Komunitas Blogger Lampung

Dua Lawan Banyak di Kopdar Komunitas Blogger Lampung
Meme Blogger
Ingin mendapatkan tool dan tutorial pemrograman gratis? Kunjungi Intel Developer Zone http://sh.teknojurnal.com/witidz
Apa sih Blogger itu?

Blogger merupakan panggilan, atau istilah untuk seseorang yang memiliki blog, dan tentunya suka menulis. Untuk menjadi seorang blogger, syarat suka menulis adalah suatu keharusan. Kalau suka menulis, pastinya juga suka membaca. Karena keduanya saling berhubungan erat. 

Saya pribadi mengenal dunia blogging ketika saya masih kelas 2 SMP. Saat itu saya didaftarkan oleh bapak saya untuk mengikuti pelatihan penggunaan internet yang diadakan oleh dinas pendidikan di kantor bapak saya. Salah satu materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut adalah membuat blog dengan platform blogger. Saat itu pemateri tidak menyampaikan keuntungan dari ngeblog. Beliau hanya mencontohkan blog sebagai salah satu media berbagi cerita selain friendster. Tidak disampaikan bahwa blog bisa menghasilkan uang. Atau mungkin memang karena saat itu belum begitu ngehits istilah blogger. 

Setelah kemunculan Raditya Dika, semakin banyak sekali bermunculan blogger-blogger muda yang menjadikan blog sebagai media curhat. Sebelum terkenal menjadi youtuber dan rajin ngeVlog, Radit juga merupakan seorang blogger.

Banyak manfaat atau keuntungan yang akan kita peroleh dari menjadi seorang blogger, yaitu dapat penghasilan, bisa menjadi penulis terkenal, berbagi ilmu dan pengetahuan, menambah wawasan karena perlu banyak bacaan untuk membuat postingan, berbagi ide, menjadi idola, menambah banyak teman melalui komunitas blogger, dan masih banyak lagi.


Dari sekian banyak manfaat atau keuntungan menjadi seorang blogger, salah satu yang sudah saya rasakan adalah, menambah teman, memang belum banyak. Kopi darat (kopdar) komunitas blogger yang pertama kali saya ikuti adalah kopdar komunitas Kancut Keblenger. Dengan jumlah anggota regional Lampung yang bisa dihitung jari. 

Kopdar lainnya yang saya ikuti adalah, kopdar dari Komunitas Blogger Lampung. Kali ini jumlah anggota yang datang jauh lebih banyak dari kopdar KK. Anggota KBL yang menghadiri kopdar saat itu 98% laki-laki. Dua persennya adalah, saya dan seorang teman saya. yang perempuan yang juga seorang blogger.

Karena belum tahu lokasi acaranya, saya bersama teman saya berangkat satu jam lebih awal dari jadwal yang ditentukan. 

Setelah sampai ke lokasi, belum ada anggota KBL lain yang datang, selain tuan rumah. Sempat ragu untuk tetap ikutan acaranya, saya dan teman saya hampir saja memutuskan untuk pulang saja. Karena tidak tidak nampak tanda-tanda orang yang dikenal dalam komunitas ini.

Sebenarnya saya sudah beberapa kali kepoin anggota-anggota KBL yang memang didominasi oleh lelaki. Sampai saya menunggu kehadiran seorang blogger wanita yang lebih senior yang muncul dalam grup KBL. Sayangnya, meski berasal dari Lampung, tapi dia tidak domisili di Lampung. 

Saya tertarik ikutan acara kopdar KBL, berharap bisa belajar banyak tentang menghasilkan uang dari blog, dan tentunya menambah teman.

Setelah menunggu beberapa saat, ruangan tempat berkumpul sudah hampir dipenuhi oleh anggota KBL yang datang.

Saya bersama teman saya, duduk di salah satu pojok ruangan. Berdua. Kami tertutup. Tidak ada yang mengajak kami ngobrol. Entah apakah kami yang salah karena tidak mengenalkan diri, atau bagaimana. Kami berdua bingung. Ini bapak-bapak, abang-abang kenapa tidak ada yang ngajak ngobrol. Kami yang anggota baru, newbie, masih malu-malu untuk menyapa. Takut tak dianggap. Meskipun ada satu orang yang saya kenal, tetapi setau saya, dia juga sama seperti saya, baru kali pertama ikut acara kopdar KBL.

Alhasil, selama kegiatan berlangsung, saya dan teman saya lebih banyak diamnya. Bahkan ketika para mastah-mastah tertawa bersama, saya teman saya bingung. Mau ikutan ketawa, ngetawain apa. Ketawa sama siapa. Haduh.

Kopdar Komunitas Blogger Lampung
Kopdar Komunitas Blogger Lampung


Kopdar Komunitas Blogger Lampung
Kopdar Komunitas Blogger Lampung

Kopdar Komunitas Blogger Lampung
Kopdar Komunitas Blogger Lampung


Dalam setiap kopdar KBL, selalu diadakan sharing. Siang menjelang sore itu materi yang disampaikan adalah teknik-teknik berSEO. Pematerinya ada Bang Indra dan Mas Bambang. Mereka adalah master-masternya. Sepertinya 90% yang datang memang sudah menghasilkan $$$ dari ngeblog. Acara kopdar berakhir, tepat saat azan maghrib. Di sepanjang perjalanan pulang, saya bersama teman saya, ngobrolin tentang acara kopdarnya.

Banyak sekali ilmu yang saya dapat saat itu. Beberapa ada yang sudah saya terapkan. Buktinya, saya pernah menang Lomba blog kategori desain blog terfavorit yang diadakan oleh HIMATRO Unila, dengan jurinya adalah salah satu anggota KBL. Meskipun desainnya bukan saya pribadi yang membuat.


Prestasi Ngeblog


Setelah mengikuti kopdar KBL untuk pertama kalinya itu, saya dan teman saya menjadi gak pede mau datang, ikutan acara Kopdarnya lagi. Bahkan saya pernah berusaha mencoba mengajak seorang teman pria, yang saya rasa dia memiliki minat terhadap dunia blogging. Jawabannya malah "Males". Yah, gimana dong. Kalau mau ikutan acara kopdarnya lagi, kemudian menjadi 2 lawan banyak lagi, jadi merasa seperti butiran debu.

Mungkin memang saya dan teman saya kurang dalam sok kenal sok dekat. 

Itu menjadi satu-satunya kopdar yang saya ikuti di KBL sampai saat ini. Meski setiap akan diadakan acara kopdar saya mendapat undangan melalui grup fb KBL, tapi keinginan untuk ikutan acara tertutup dengan malu, kalau gak ada teman perempuannya.

Padahal saya masih berharap bisa benar-benar dapat penghasilan dari blog yang saya buat. Bahkan saya sudah membuat sebuah blog, yang fokus dalam satu topik bahasan, di mana saya melibatkan teman saya yang lain untuk membantu menulis artikel di sana.

Beberapa waktu yang lalu, saya lihat kemunculan perempuan-perempuan dalam diskusi di grup fb KBL, saya berharap masih bisa mengikuti acara kopdar KBL lagi dengan kehadiran anggota perempuan 'senior'. Keberadaan sosok perempuan di KBL sedang saya nanti-nantikan kehadirannya.



Intel RealSense


sumber gambar diambil dari fb grup Komunitas Blogger Lampung, dan hasil pencarian di google.
Nafilata Primadia
Load comments