-->
Nafilata Primadia

Kemarin, Kini, dan Nanti


Aduh udah lama bener saya tidak menulis ini,
Sebenernya pengen banget kemaren2 mau nulis, tapi entah mengapa begitu berat kelingkingnya buat nulis :'D jadinya pengen2 males deh mau nulis. Padahal kan gak boleh kayak gitu, kalo mau nulis itu gak boleh moody,,ntik kacau malahan.
Maka dari itu, saya tidak mau menuruti rasa malas untuk melakukan hal yang bagi saya insyaalloh bermanfaat ini :D
Dari kemaren itu pengen bener nulisin semua kata2 yang udah numpuk dipikiran ini, takut keburu lupa mending langsung ditulis sekarang. Mumpung lagi puasa, jadinya otaknya lagi seger :D
Oke.
Kali ini catatannya adalah tentang KEMARIN, KINI DAN NANTI
Dilihat dari kata  yang pertama yaitu KEMARIN
Kemarin, paman datang pamanku dari desa
Dibawakannya rambutan pisang
Dan sayur mayor segala rupa…………………
*nahLoh kok jadi nostalgia :D
Terus kemarin apa?
Mungkin ini,
Kemarin, kudengar kau ucap kata cinta
Seolah dunia ada di musim semi
Kau datang padaku membawa luka lama
#GalauModeOn eaaak ,tiba2 bunga kamboja berguguran di atas gundukan tanah -_-

Ehem,,
Banyak hal yang sudah terjadi dalam hidup gua di hari2 kemarin. Tapi lebih banyak hal yang belum terjadi esok.
Kegagalan salah satunya. Gak cuman sekali duakali tigakali gua mengalami yang namanya kegagalan, berkali-kali malahan, nyampe gak kebayang panjangnya kayak apa itu kegagalan nyampe berkali-kali. Dari masi kecil deh, pastinya gua pernah dong ngalamin yang namanya mengalami kegagalan waktu mau lari diumur satu tahun :D, jalan aja belum lurus2 bener :D.
Dan yang baru2 ini ajadeh,, kegagalan terasa begitu bertubi-tubi menghantam kekuatan pundak gua. Gua gagal masuk universitas lewat jalur undangan, lewat beberapa tes tertulis, gua gagal dapet motor baru,gua gagal menjalin hubungan yang baik *ups :D hehehehe

Tapi, waktu kemaren itu gua sempat nonton acara Hitam Putih, ada kata2 mutiaranya.
Nah kebetulan yang pas gua lagi nonton udah abis itu,
Si om deddy menyampaikan sebuah kata2.
“sesungguhnya tidak ada kegagalan, jika kita menikmati setiap prosesnya.”
Waw,, siip bener deh ini kata2.
Berhubung gua baru belum lama ini dapet nih kata2, gua dapetnya pas udah ngalamin hal2 yang gua sebut “kegagalan”. Gua tetep sebut itu kegagalan. Kegagalan memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya, kecuali yang waktu gua belajar jalan, itu entah gua lupa rasanya apakah bisa dibilang menikmati atau tidak, karena bila di ingat2 waktu kecil yang namanya nikmat itu kalo makanannya enak dan gak di suruh tidur terus :D.
Balik lagi ke pembahasan kegagalan yang baru gua alami.
Karena, dari setiap kesempatan yang gua dapatkan itu, gua emang gak menikmati. Tentu saja, hasilnya tetap yang terbaik dari Alloh.
Gua sebut itu gagal, tapi itu sudah sunatulloh, karena ternyata gua yang gak bener2 memanfaatkan kesempatannya.
Ini entah menurut gua yang pernah belum berhasil aja apa menurut kalian juga,, mau masuk kuliah itu lebih susah yah ketimbang waktu mau masuk SMA. Gua sih ngerasain gitu loh.
Emang sih, kemaren2 itu sudah ada beberapa tes yang gua ikuti, tapi hasil nihil2 semua. Sampe ada temen gua yang gak percaya gitu, kalo gua belum berhasil. Namanya juga belum berjodoh disitu, jangan salahkan otak gua dong :D
Orang baru mau liat persyaratannya aja, gua langsung belum berhasil.
Yah gimana,, syaratnya minimal umur 18tahun. Eh mau nambah setahun ngambil umurnya siapa. Ada lagi, yang 17tahun, tapi harus lebih 6bulan. Ya ampun, baru juga lebih 3 bulan,, nah gimana mau berhasil.  Sudah dua jalan gua langsung belum berhasil itu. Tanpa perlu dicoba. Buat masa depan kok coba2. Nyungsep ntik :’D
Yah kemaren2 ini ya, kalo inget lumayan juga ya cobaannya. Orangtua gua jadi ikutan stress, bahkan sodara2 gua juga. Ya gua juga sih kan maunya langsung berhasil yang waktu tes snmptnnya,, tapi memang begitulah hasilnya.
Yang waktu abis tes terahir itu ya,,,gua emang udah pasrah sepasrahnya deh. Masa baru keluar ruangan ehh,,mbaknya temen bilang, itu soal nya mudah2 banget.
Tapi jujur aja,, menurut gua itu rumit :D,, karena yang bisa gua jawab gak nyampe setengahnya dari keseluruhan soal yang ada. Ini waktu soal MIPA nya
Udah itu,, gua sempet ngoreksi sendiri itu hasil jawaban gua sama kunci jawaban yang udah di sebar dari website sebuah tempat bimbel. Gua koreksi ya,, hasilnya udah aman sih di pilihan yang keduanya.
Yah,,gua udah yakin dong. Padahal itu juga gua  ngitungnya udah ambil kesalahan yang paling banyaknya, itu udah aman masuk di grade pilihan keduanya.
Dan pas tanggal 6nya. Gak disangka gak diduga. Cuman dapet ucapan Belum Berhasil, tetap semangat. Ok fine.
Semangat2 aja lah, hidup ini gak langsung kiamat kok, kalo gak lulus snmptn. Ini kata2 sengaja gua jadiin penguat pundak gua aja :D.

Gua bener2 merubah semua cara berpikir gua waktu itu juga. Gua gak mau lagi banyak berencana, cukup lakukan apa yang bisa gua lakukan sekarang :’D

Iya,, setelah gua merubah jalan berpikir gua. Gua mulai memanfaatkan segala kesempatan yang gua punya sekarang untuk melakukan hal2 yang memang bisa gua lakukan sekarang. Termasuk membahagiakan kedua orangtua.
Emm,
 Emang sih, setiap orangtua pasti bahagia, kalo diajak naek haji ataupun dibiayai naek haji sama anaknya. Tapi alangkah lamanya itu kalo di hitung secara logika. Umur gua sekarang 17, kerja belum boleh, harus mengutamakan menuntut ilmunya dulu. Hitunglah untuk mendaptkan gelar sarajananya 4tahun. Umur 21 baru lulus, maunya sih kalo udah lulus langsung dapet kerja, dapet penghasilan yang lumayan. Tapi kembali lagi, manusia boleh berencana, keputusan akhir tetap ada ditangan alloh. Siapa yang menjamin umur gua lebih panjang dari orangtua gua. Siapa yang menjamin kalo rencana hidup yang gua susun bisa selanacar dan setepat itu terwujud.
Untuk itu,, gua ubah cita2 gua membahagiakan orang tua itu. Itu bukan cita2 tapi itulah kewajiban gua juga. Sekarang, orang tua mana yang gak bahagia waktu melihat anaknya bahagia(dijalan yang benar).
Gua mengubah pandangan gua ini juga, karena omongan dari ibu gua sendiri. Beliau berkata,
janganlah menyia-nyiakan kesempatan untuk ngebantu ibu ama bapak. Ya kalo sekarang bisanya membantu ngepel ,nyuci baju, kenapa enggak. Kalo ibu ini meninggal besok, kamu mau apa??nangis??nyesel gak sempet bahagiain orangtua?. Makanya kalo cuman disuruh mbantuin ngepel nyapu begini, jangan2 lagi ngeluh terus. Cuman sekarang inilah kamu ada waktu mbantu ibu kayak gini. Nanti kalo udah mulai kuliah, kan dah jarang2 banget. Kayak yang pas sekolah kemaren.”
Iya,
Gua langsung menyadari, betapa waktu untuk bersama-sama dengan kedua orangtua gua itu mulai berkurang setiap saat. Buat apa gua nungguin nanti-nanti untuk ngebahagiain orangtua. Kalo sekarang pun gua bisa. Keinginan yang bener2 ingin gua wujudkan abis ibu gua ngomong kayak gitu adalah gua ingin jadi penghafal qur’an. Bener2 aja, gua ingin. Semoga semangat dan keinginan gua ini, bisa gua capai. Karena gua yakin, kalo alloh itu memudahkan bagi setiap hambanya yang ingin menghapal quran.
Setelah beberapa perubahan yang terjadi dalam cara berpikir dan cara gua mempersiapkan diri untuk mengahadapi beberapa tes yang masih harus gua ikuti untuk bisa melanjutkan kuliah. Diantaranya ikut tes yang UMPN sama UML.

Dan untuk yang pertama kalinya, gua dapat kata LULUS dari perguruan tinggi negeri. Yak. Itu hal yang membahagiakan buat gua,, setelah penantian empat bulan, adajuga loh yang kasih kata lulus :D
Kan waktu itu masih harus ikut test kesehatan dan wawancara. Orang2 bilang sih itu cuman sekadar buat formalistas saja. Tapi tetep aja kan deg degan waktu mau lihat pengumumannya. Dan ternyata LULUS(lagi). Alhamdulillah ya alloh. Sungguh gua ngerasa agak legaan. Gua bener2 lulus, diterima.
Ternyata kedua orangtua gua, terutama bapak gua itu, bener2 masih berharap gua masuk di jalur UML nya, biar langsung S1 dan juga peluang kerja dari jurusannya ini lebih luas. Gua juga sih berharap sama nih jurusan. Tapi suatu masalah terjadi, ketika ada bentrok antara keuangan dan keinginan. Ini sudah biasa dalam kehidupan gua. Hanya kali ini, bener2 bikin gua sempet bingung, gundah gulana :D. gua sempat diberikan pilihan. Tetap bertahan di hasil UMPN, lepas UMLnya, apa bertahan dengan yang belum pasti di UMLnya lepas kan kepastian di yang satunya. Gua bener2 bingung loh waktu harus memilih diantara kedua ini, mana pilihan dikasih embel2 yang menggiurkan.
Gua, waktu abis dapet pengumuman dari hasil UMPN“LULUS” itu,, gua bilang sama ibu gua.
“Kalo nanti UML aku lulus juga. Sudah,,, jatah kegagalanku bener2 sudah habis :D”
Gua semangatin diri sendiri itu :D
Hehehehe
Dan akhirnya tiba juga waktunya pengumuman dari tes UMLnya. Bapak gua pada akhirnya juga tidak menepati pilihan gua,, beliau tetap mengharapkan gua masuk jalur UMLnya dan mau menjalaninya dengan ikhlas. Gua mah ikhlas2 banget,, yang penting ada biayanya ini :D
Dan ternyata Alhamdulillah gua LULUS
Disatu sisi dapet kabar yang begitu membahagiakan ini membuat gua sembuh dari sakit gua.
Disisi lain, kabar yang tidak begitu membahagiakan juga datang.
1 hape, 1  laptop, lenyap dicangking maling.
Yahhh,,okesip.
Begitulah kehidupan ya, ada suka ada bahagia.
Gua udah bahagia dapet kabar lulus UMLnya,, eh ibu gua yang stress karena kemalingan. Nah kakak gua sih senyam senyum aja. Padahal itu yang ilang laptop dia. Ding, emang dia pengen ganti laptop juga-___-
Tapi ibu gua itu masih aja kagak ikhlas2 sama yang ilang itu. Padahal gua udah bilang,
“inilah, kalo dari awal ngehindarin keluar uang. Akhirnya kan tetep aja uang itu bakalan keluar.”
Dan ibu gua bilang
“ini itu karena ceroboh, gak hati2.”
Siapa yang gak hati2 ini.
Sangking masih kepikirannya, ibu gua malah terlalu banyak berspekulasi.
Dan kemudian bapak gua berkata
“udah lah. Ini malah, maling sama yang kemalingan dosanya banyak yang kemalingan.”
Kenapa?? Karena, yang kemalingan malah jadi berpikiran negative terus. Sama yang itulah, yang anulah, yang inilah, yang onolah.
Sampe besoknya, masih aja.ngebatin si maling itu. Ckckckc
Anggap saja, itu yang maling sangking kepengennya punya baju lebaran :’D
Namanya kebetulan mah pasti pas ya. Tapi yang lebih pas, itu bukan kebetulan. Melainkan sudah rencana alloh.
Kalo ada suatu masalah itu makanya jangan dihindari,,hadapi saja.:D
Pelajaran untuk nantinya, lebih rapet lagi ngunci jendela sama pintu rumah :’)
Setelah deal, gua ambil UMLnya.
Untuk esok, gua gak mau banyak rencana.
Target sih ada, karena sudah cukup lumayan biaya yang dikeluarkan untuk UML ini, bapak gua menagih gua untuk lulus dalam waktu3,5 tahun.
Kaget sih, pertama denger ini.
Alamak,, orang pinter yang gua kenal itu aja lulus dalam waktu empat tahun.
Tapi yasudahlah,, itu targetnya.
Gua tinggal berusaha sebaik mungkin ngejalaninnya, sambil tetep berdoa, semoga dimudahkan dalam mewujudkannya. Cukup itu aja dulu targetnya. Gada target ngedapetin pacar gitu2 lah, hehehehe
Nafilata Primadia
Load comments