-->
Nafilata Primadia

Ini (Bukan) Masalah IP

Selamat datang September Ceria.
When september come...Suka aja gitu nyebut September belakangnya ada Cerianya hhe.
Selamat datang semester tiga. Selamat mengenang masa setahun lalu ikut Ospek :3.

Kali ini sesi buat cerita-cerita atau pun curhatan dari saya ajadeh ya.hemmm
Jadi, saya sempet kepikiran beberapa kali dikala mengendarai motor tiap berangkat dan pulang ke kampus.(saya seringnya dapet inspirasi nulis waktu lagi mengendarai motor diperjalanan gini, ketimbang di toilet :P)
saya kepikiran sama kata-kata seseorang sebut saja X. Waktu menjelang siang itu, saya dan kedua orang teman saya sedang duduk-duduk dibangku sebelah lab di kampus. Dan kami sedang membahas tentang kuliah. Maklum, kami bertiga baru memasuki semester dimana terdapat mata kuliah pilihan.

Tiba-tiba, X datang dan beberapa saat kemudian, dia bilang "Kalian ini, ke kampus CUMAN NGEJER IP AJA,"

Dan saya, cuman bisa kasih senyum semampunya aja. Beuh

saya tau, sebagai seorang agent of change. IP itu tidak menjadi tolak ukur kesuksesan nantinya. Banyak hal lain yang harus anak kuliahan dapatkan. Semacam pengalama, relasi, dan soft skill. IP saat ini bukanlah jaminan masa depan cerah. Yap, saya sadari itu semua. Dan saya gak melulu menjadikan IP ataupun IPK sebagai tujuan terbesar saya untuk kuliah.

Sebenarnya, waktu saya tanya sama orang tua saya. "Kenapa harus kuliah?". Jawabannya sangat bijak menurut saya. "Menuntut ilmu itu wajib. Jadi sebagai orang tua, ya bapak akan berusaha sebisa mungkin untuk nyekolahin anak-anaknya sampe batas kemampuan bapak," Ada yang mau protes dengan jawaban bapak saya?| Ada pasti ada. Hidup ini indah karena ada pro- dan konta- di dalamnya.

Orang tua saya, khususnya bapak saya gak pernah maksa anaknya untuk kerja di saat sedang sekolah ataupun kuliah. Yang beliau inginkan adalah anaknya serius, rajin, dan lulus sesuai target beliau. Ya, dikeluarga saya yang nentuin masa studi anaknya ya bapak saya lah. Kan beliau yang membiayai :) Menurutnya, selama anaknya belum menikah (khususnya cowok) mencari kerja itu bukanlah hal yang wajib. Mumpung masih muda, katanya banyakin nuntut ilmunya. Terutama menuntut ilmu agamanya. Kalo nanti sudah kerja, susah nyari waktu buat ikut majelisan. Susah nyari waktu untuk membaca buku untuk menambah wawasan. Itu pengalam bapak saya. Dan dia gak mau anaknya begitu. Kan kalo sudah menikah, seorang lelaki akan sibuk mencari nafkah, dia harus ngasih makan anak orang.

Ada yang bilang, menuntut ilmu itu bisa dimana aja. Ya dimana aja. Dan saya dipilih dan memilih salah satu jalur menuntut ilmunya lewat sekolah dan kuliah.

Terus...kenapa saya harus ngejer IP?

IP emang bukan prioritas utama saya tiap berangkat kuliah. Ibadah untuk mendaapatkan ridho Allah SWT, itu  tujuan utamanya. Ada yang bilang "Ih ngesok gitu. Ih bohong bener. Gak mungkin kayak gitu." WTF. Anda tahu banyak tentang saya? Ah capek dengerin orang yang gak pernah mau menerima Al-quran sebagai pedoman hidupnya.

saya tahu, banyak kok yang ngatain waktu saya bilang, saya dateng ke kampus tujuannya untuk ibadah. Semua yang kita lakukan memang harusnya begitu, untuk ibadah. Untuk mendapatkan ridho dari Alloh. Yah, saya akuin juga, terkadang, niat itu bisa melenceng. Namanya juga manusia -.-. 

Ridho Alloh bersama Ridho orang tua.
Terus kenapa saya harus pusing mikirin IP?

Yah, karena untuk selesai dari kuliah itu butuh IP. Kalo IPnya dibawah 2, lah kapan lulusnya. Kan ada juga beberapa hal yang bisa kita pikir secara logika. Nah, kalo kuliah (dalam hal akademik) itu kan seharusnya S1 jatahnya 4tahun. Pun, orang tua saya ngasih jatahnya 4 tahun. Tidak lebih boleh kurang. saya ngeri kalo harus memikirkan kuliah lebih dari itu. saya punya keyakinan, kalo saya bisa lulus tepat waktu pada tahun keempat atau lebih baik dari itu...

Mungkin, orang yang ngatain saya kuliah cuman ngejer IP. saya kasih tau aja deh. Dalam keluarga saya, satu-satunya orang yang mencari nafkah itu ya bapak saya. Beliau gak mengizinkan istrinya untuk kerja. Biar istrinya ngerawat dan ngedidik anak-anaknya di rumah. Dan bapak saya ini hanya seorang PNS, yang gak pernah mau diangkat jadi kepala/pimpinan -,-. Itu udah prinsip banget kayaknya. Anti banget jadi pimpinan dikantor. Takut makin banyak godaan :". Bapak saya umurnya udah setengah abad. Masa kerjanya, tinggal 4 tahun lagi. Kakak saya yang pertama, masih kuliah. Udah semester lima. Tahun depan harusnya dia lulus. Maksimal dia lulus bareng saya lah. Adek saya masih SD. SD kelas empat. 

Dari kakak saya kecil sampe sekarang, mengandalkan penghasilan bapak saya yang hanya seorang PNS. Yang pernah ngalamin gaji bulanan lebih kecil dari gaji seorang pekerja bangunan. Bisa nguliahin dua anaknya, orang tua saya bersyukur banget. Dan saya bersyukur punya ibu yang hebat. Ibu saya ini, akuntan terbaik. 

Orang tua saya itu yakin.
 Selalu ada rezeki untuk pendidikan anak
Dengan waktu pensiun bapak yang semakin dekat. Dan jenjang pendidikan yang harus di capai sama adek saya masih panjang.  Saya dan kakak saya, harus benar-benar mengejar target lulus tepat waktu. Bukan pada waktu yang tepat. Kami berdua harus bisa membantu biaya untuk sekolah adek kami. Jadi, dengan itu, saya harus mendpatkan IP yang bagus. Untuk benar-benar bisa memaksimalkan kesempatan yang diberikan. Terserah sekarang orang mau menilai saya bagaimana. Saya tetap akan memikirkan IP selama saya kuliah. Kalo masih ada mahasiswa yang gak peduli sama IP. Saya anggap dia adalah orang yang mampu sangat. Kan, hampir semua (akademik) di kampus itu ada syarat IP ataupun IPK.

Jadi, gak semua hal saya ceritakan ke orang-orang. Ada banyak hal yang gak saya ceritakan.
Nafilata Primadia
Load comments