-->
Nafilata Primadia

PLN Bersih? Gimana Caranya?????

PLN Bersih? Gimana Caranya?????
Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia sangat sensitif kalau terjadi pemadaman bergilir. Gue juga beberapa hari yang lalu sempat merasakan 'nikmat'nya dapet jatah pemadaman bergilir itu. Disaat ada deadline tugas pemrograman yang harus dikerjakan, ternyata Perusahaan Listrik Negara (PLN) lagi madamin listrik aliran rumah gue. Alhasil, gue gigit-gigit leptop ngerasain ngenesnya belum ngerjain tugas.

BUt you must know Setiap kejadian itu dibelakangnya ada si Hikmah. Gitu. Berkat jadwal kejut pemadaman bergilir dari PLN ini, gue jadi musti cepet-cepet ngerjain tugas kuliah. Sebelum kegelapan datang bersama nilai suram :3 mhehehehe.

Oh ya, kalian yang suka mencaci maki, dan menyalahkan PT. PLN (Persero) umm..atau lebih tepatnya--menyalahkan pegawainya, akibat pemadaman yang didapet udah tau belum? Kapasitas listrik yang kita punya itu berapa? Dengan pemakaian yang tiap hari meningkat, gue rasa adanya pemadaman bergilir itu masih wajar. Kalo emang kita gak mau sering-sering kena pemadaman bergilir, yang bikin gak bisa nonton aksi Evan Dimas dan kawan-kawan, Yuk kita hemat listrik. Ingat No electricity no life :3.

Tanpa listrik, air dikeran tak mengalir. Tidak bisa mandi, mencuci, memasak air, kemudian kehausan, dan gak bisa berangkat kuliah
Tanpa listrik, magic-jar tidak nyala. Tidak bisa masak nasi, tidak sarapan, tidak bisa berangkat kuliah
Tanpa listrik, setrika tidak nyala. Baju masih kusut. Tidak nyaman dipakai kekampus. Tidak kuliah :3
Pokoknya, saat ini manusia sebagain besar ketergantungan dengan listrik. Termasuk gue, Tanpa Listrik, Gue Gak Bisa Ngblog :3mueheheheh

And, kalian udah tau belum...Kalo PLN sekarang lagi punya program namanya PLN Bersih. (^^)9
PLN bersih maksudnya apa?
PLN nyapu dan ngepelin gedung?
PLN abis dimandiin?
PLN bersih apa-apa-apa-apa??

Oke, daripada kalian semakin hanyut dalam buaian pertanyaan yang mulai muncul dipikiran, gue kasih tau deh PLN Bersih maksudnya apaan yak.

Kan sekarang lagi marak-maraknya tuh, kebongkar bobroknya institusi pemerintahan di Indonesia. Hampir setiap celahnya dimasuki oleh koruptor, oleh permainan suap-menyuap. Mungkin inilah dampak suapan sewaktu kecil, hhe. 
Ditengah maraknya kasus suap yang terjadi di instansi pemerintahan itu, PLN  berupaya untuk menjalankan bisnis yang bebas dari praktek korupsi melalui program PLN Bersih
Gimana caranya?
Saat ini PLN lagi membangun sebuah sistem yang berlandaskan empat pilar utama PLN Bersih. Mereka dipanggil PITA. Bukan pita yang dipake sama Minnie itu ya.
Elemen penyusun PITA PLN emang apa aja?
Empat elemen  penyusun PITA ini adalah air,api,udara,dan tanah:
1. Partisipasi
Partisipasi dari para pegawai PLN dan seluruh pemegang kendali. Masyarakat juga termasuk loh sebgai partisipannya. Jadi Kita harus ikut menjalankan dan mendukung komitmen PLN Bersih ini.
2. Integritas
Integritas dari para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya untuk membangun budaya PLN Bersih. Kalau kalian menemukan pegawai yang gak mau melayani, sadarkan mereka. Mereka sudah berkomitmen. Mereka sudah punya PITA. Kalo perlu kalian ngadepin mereka sambil pake pita. Hhe
3. Transparansi
Yadong, hari gini pengen dipercaya ya musti ada transparansinya. Jangan cuma artis-artis aja yang ditransparansiin pakaiannya. PLN juga bakal melakukan transparansi demi keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik.
4. Akuntabilitas
Pilar yang keempat ini menuntut pegawai PLN untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratiikasi. Buat kalian yang masih sering galau, sering ngeluh tentang PLN, coba deh hubungi mereka di Kontak Center 123, Official Fans Page PT. PLN (Persero) dan twittnya  @pln_123  Eh jangan kebanyakan ngeluh juga. Kalo bisa sih usahain ngasih solusi. Jangan menjadi bagian dari suatu masalah. Jadilah bagian dari suatu solusi.

Sampai saat ini sudah ada 13 Unit PLN yang ditunjuk menjadi pilot project PLN Bersih yang berpedoman pada PITA tadi.  Ke-13 unit bisnis itu adalah PLN Wilayah Bangka Belitung, Wilayah Sumatera Utara, Unit Pembangkitan Jawa Bali, PLN Distribusi (Jakarta Raya dan Tangerang, Jawa Barat dan Banten, Jawa Tengah dan Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Lampung), PLN Pusdiklat, PLN Jasa Sertifikasi, PLN Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan, serta PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan. Penilaian 13 unit pilot project PLN Bersih ini untuk melihat progress atau untuk memotret pelopor PLN Bersih dan lingkungan sekitarnya termasuk manajemen unit terkait dan vendornya. Ada tiga area yang menjadi fokus pengukuran, yaitu risiko integritas, implementasi PLN bersih, dan integritas pengadaan serta integritas pelayanan.
Nah dalam menjalankan komitmennya ini, PLN bekerjasama juga loh sama dengan  jaringan organisasi global anti korupsi Transparency International Indonesia (TII). Kerjasama ini, sudah berjalan sejak  awal Maret lalu, ketika Dirut PLN Nur Pamudji dan Ketua Dewan Pengurus TII Natalia Subagio menandatangani nota kesepakatan kerjasama PLN – TII pada 6 Maret 2012 di Kantor PLN Pusat. Kerjasama ini bertujuan untuk lebih memastikan, bahwa PLN dalam menjalankan usahanya menyediakan listrik bagi masyarakat luas,  sungguh-sungguh menerapkan praktek GCG dan anti korupsi.  Kerjasama yang dibangun meliputi reformasi dalam Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) serta reformasi di sisi pelayanan pelanggan.
Ah...yang kemaren-kemaren juga ada yang bilang gitu, nyatanya 0 besar!
Dengan krisis kepercayaan masyarakat saat ini, PLN masih berusaha sekuat tenaga untuk benar-benar Bersih dari segala praktik KKN. Pernyataan tidak percaya dari masyarakat ya itu emang pasti ada. Tapi kita sebagai masyarakat jangan hanya bisa mengkritik dan mencela saja. Kita juga harus ikut andil untuk benar-benar menciptakan PLN Bersih.
Jika kita memang melihat masih ada oknum tidak bertanggung jawab yang akan merusak komitmen PLN Bersih, kita harus segera mengingatkannya, dan jangan lupa laporkan. Jangan juga kita menjadi ikut andil untuk menjadikan PLN sebagai tempat yang nyaman untuk oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan praktik KKN.
Ini saatnya PLN bersama Masyarakat menjadikan PLN Bersih. Kita Bersama-sama Terangi Indonesia dengan cahaya harapan masa depan lebih baik
Saatnya katakan
 AKU Bersih
KAMU Bersih
KITA Bersih
 dan PLN Bersih!

Buat kalian para blogger, nih PLN bersama Blogdetik sedang mengadakan lomba ngeblog dengan tema "Blogger Dukung PLN Bersih"  dalam rangka memperingati 68 Tahun Hari Listrik Nasional. Ayukk buruan daftar. Buruan, kasih tau yang lain kalo PLN Bersih No Suap! info lebih lanjut bisa liat disini-->http://akudanpln.blogdetik.com

referensi:


Nafilata Primadia
Load comments