-->
Nafilata Primadia

Keistimewaan Bulan Muharram

Keistimewaan Bulan Muharram
edited by kutangkapanugerah.blogspot.com
Assalamualaykumwarahmatullahhiwabaraktuh
Selamat Tahun Baru Hijriah kepada seluruh umat muslim di dunia. Selamat datang 1435 Hijriah. Alhamdulillah...Semoga kita hijrah menjadi yang lebih baik lagi di tahun 1435H.

Belum pernah deh ngerasain ramenya perayaan Tahun Baru Islam, Tahun Baru Hijriah ini. Dibandingin sama tahun baru yang 1 januari, sepertinya tahun baru 1 muharram lebih sepi, atau malah sangat sepi. Yang saya tau dari dulu, kalo tahun baru hijriah ini cuman disuruh bikin nasi besek istilah dikampung saya itu ambengan nanti ada yang mewakili untuk kumpul dirumah salah satu warga, entah disitu apa yang dilakukan juga saya kurang paham .hhe Kadang ada juga yang ngadain wayangan semalam suntuk. Tapi tahun ini gak ada. Mungkin dilain tempat ada yang ngadian pawai obor juga, atau kirab seperti di yogya

Oh ya, kalian sudah tahu belum, kalo ternyata malam 1 Muharram itu beda loh sama malam 1 syura. Satu syura itu kan hari ke-10 Muharram. Jadi ini bukan malam satu syura ya. Inget. Sampe saat ini  masih banyak mitos terkait malem satu syuro dikalangan masyarakat di Indonesia ya. Bahkan kata tetangga-tetangga saya, dibulan ini gak boleh ada pernikahan ya. 

Padahal ya, bulan Muharram ini banyak menyimpan kejutan dan keistimewaan dari Allah SWT loh. Kalian sebagai umat islam harus tau nih tentang keistimewaannya, biar gak kelewat dan menyesal besok-besok :D
Berikut ini saya bahas deh beberapa keistimewaanya bulam Muharram. Cekidot brosist...

  • Bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, nah tiga yang lainnya itu ada Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Bulan Muharram memiliki banyak keutamaan, sehingga bulan ini disebut bulan Allah (syahrullah)

“Sesungguhnya jumlah bulan di Kitabullah (Al Quran) itu ada dua belas bulan sejak Allah menciptakan langit dan bumi, empat di antaranya adalah bulan-bulan haram” (QS. At Taubah: 36)
  •  Beribadah pada bulan Muharram ini pahalanya dilipatgandakan.
  • Pada bulan ini tepatnya pada tanggal 10 Muharram Allah menyelamatkan nabi Musa as dan Bani Israil dari kejaran Firaun. Mereka memuliakannya dengan berpuasa. Kemudian Rasulullah saw. menetapkan puasa pada tanggal 10 Muharram sebagai kesyukuran atas pertolongan Allah. Puasa ini memang tidak wajib selepas turunnya kewajiban puasa Ramadhan
Rasulullah SAW bersabda:
Dari Ibnu Abbas RA, bahwa nabi saw. ketika datang ke Madinah, mendapatkan orang Yahudi berpuasa satu hari, yaitu ‘Asyuraa (10 Muharram). Mereka berkata, “ Ini adalah hari yang agung yaitu hari Allah menyelamatkan Musa dan menenggelamkan keluarga Firaun. Maka Nabi Musa as berpuasa sebagai bukti syukur kepada Allah. Rasul saw. berkata, “Saya lebih berhak mengikuti  Musa as. dari mereka.”  Maka beliau berpuasa dan memerintahkan (umatnya) untuk berpuasa” (HR Bukhari).

Dari Abu Hurairah RA. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baiknya puasa setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Muharram. Dan sebaik-baiknya ibadah setelah ibadah wajib adalah shalat malam.” (HR Muslim)
Puasa Muhaaram itu dapat dilakukan dengan beberapa pilihan loh, Pertama, berpuasa tiga hari, sehari sebelumnya dan sehari sesudahnya, yaitu puasa tanggal 9, 10 dan 11 Muharram. Kedua, yaitu puasa tanggal: 9 dan 10, atau 10 dan 11. Ketiga,  puasa pada tanggal 10 saja, hal ini karena ketika Rasulullah memerintahkan untuk puasa pada hari ‘Asyura para sahabat berkata: “Itu adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani, beliau bersabda: “Jika datang tahun depan insya Allah kita akan berpuasa hari kesembilan, akan tetapi beliau meninggal pada tahun tersebut.” (HR. Muslim).

  • Bulan Muharram dikenal juga Bulan Anak Yatim oleh beberapa umat muslim. Karena sebelumnya sudah disampaikan juga bahwa dibulan ini perbuatan baik, dilipatgandakan pahalanya, maka usahakan kita perbanyak menyantuni dan memelihara anak yatim. Tapi hal ini gak berarti cuman dibulan ini aja kita banyak menyantuni anak yatim, karena sesungguhnya menyantuni dan memlihara anak yatim itu adalah suatu kemuliaan jadi bisa dilakukan kapan saja kok :)
Nah itu tadi beberapa keistimewaan bulan Muharaam nih. Sebenernya semua bulan itu memiliki keutamaan, jadi sebaiknya tiap hari juga kita menjadikan hari itu sebagai hal yang istimewa. Dengan beberapa keutamaan dari Bulan Muharram yang sudah saya tuliskan di atas, mitos tentang bulan Muharaam sebagai bulan yang sial, bulan gak boleh ngadain hajatan karena takut kena musibah, itu tidak ada landasannya. Mitos itu masih ada, karena masih ada beberapa orang yang 'ikut-ikut'an kata orangtua. Buat orang yang menjadikan Malam 1 Syuro sebagai bagian dari cerita mistis itu keterlaluan ya, malam yang dimuliakan kok malah dimistiskan. Astaghfirullahhaladzim...
Sebaiknya, dimalam pergantian tahun ini kita sama-sama melakukan muhasabah diri. Jangan lupa, perbanyaka istighfar :)

Wassalamualaykumwarahmatullahhiwabaraktuh

sumber:
http://www.dakwatuna.com/2011/12/02/17012/bulan-muharram-keutamaan-legenda-mitos-dan-bidah-di-dalamnya/#axzz2jh5BNLwD
http://eman540705.files.wordpress.com/2013/02/image1.jpeg
Nafilata Primadia
Load comments