-->
Nafilata Primadia

Toleransinya Orang Indonesia

Toleransinya Orang Indonesia
Akhir-akhir ini saya sering memikirkan, apa ya yang harus saya lepaskan untuk mendapatkan apa yang saya inginkan. Seperti si Meera tokoh wanita di film Jab Tak Hai Jaan (English : As Long As I live) yang ada kang syah rukhannya itu. Meera dalam film ini tiap berdoa, mengharapakn sesutau, selalu membuat perjanjian untuk kehilangan sesuatu yang lain yang dia miliki. Sedih sih. Yah, film india kan emang gitu, sedih-sedih romantis :3 jadi pengen ketemu syahrukhan dah.


Oh iya, selain sering memikirkan hal di atas, ternyata gue baru menyadari kalo setiap hari gue ini menjadi seorang pengamat. Yap, ini seperti suatu rutinitas, yang sudah terjadi sejak dulu, tapi gue baru sadar beberapa hari yang lalu. Gue ini ternyata suka mengamati lalu lintas dan orang-orang disekitar gue ya. Yang artinya, gue ini orang yang punya perhatian untuk lalu lintas dan orang-orang disekitar gue. Sadar-gak sadar kalian juga pasti iya kan hhe. Setiap detik yang kita lalui ini menyimpan banyak peristiwa. Dalam satu detik, kita bisa memikirkan banyak hal secara bersamaan, dalam satu kita bisa kehilangan orang yang kita sayang, dalam satu detik kita bisa semakin didekatkan dengan orang yang kita sayang. Pokoknya, banyak hal banyak cerita yang sudah kita lewati, namun seringnya kita anggap sebagai peristiwa itu seperti angin saja, yang sudah lewat ya sudah. 

Gue mulai menyenangi kegiatan mengamati ini. Gue suka ketawa-ketawa sendiri kalo udah bawa motor di jalan raya itu. Macem-macem orang ada dijalanan. Macem-macem situasi bisa aja terjadi dijalanan. Ada yang bilang, orang Indonesia ini sangat toleran, ramah tamah, sopan santun, dan suka ngasih senyum. Yap, gue setujuah banget deh sama pendapat itu. 

Yaiyala lo setuju, kan Lo orang Indonesia sendiri.

Yadong, masa yang ngebanggain Indonesia musti orang luar indonesia terus. Nyuruh-nyuruh orang dateng ke Indonesia tapi yang orang Indonesianya sendiri tinggal di Indonesia pada ngeluh.

Oke, bektode topiknya. Gue mau bahas tentang Toleransinya orang Indonesia. 
Menurut gue, orang Indonesia ini punya tingkat toleransi dan kesabaran bernilai 8/10 lah. Karena apa? karena ternyata di Indonesia jumlah kecelakaan belum mencapai 30.000/hari. 

Kok bisa gitu?

jadi gini, buat kalian orang Indonesia yang pernah mengendarai kendaraan atau diboncengin melintas dijalan raya di indonesia khususnya di kota dan yang mendekati kota. Hampir disemua jalan raya di Indonesia gak keliwat dari yang namanya macet. Oh macet, kau bagaikan sahabat sejati bagi jalanan indonesia. 
sumber gambar: arrayzith.blogspot.com

Setiap gue pergi  pulang kuliah, saya sering ngelihat banyak motor-motor yang kalo nyalip gak pake nyalain lampu sen, banyak mobil yang kalo nyalip ngebut banget, banyak mobil pribadi yang pagi-pagi udah mengular disimpang lampu lalu lintas, banyak kendaraan yang sering ngerem mendadak, banyak angkot yang sering nyalip dan tiba-tiba berenti, banyak mobil mewah dan kendaraan umum yang asap knalpotnya hitam sehitam rambut raisa -.- (sangking itemnya tuh asep). Gue juga dulu pernah sih gak nyalain sen waktu mau belok dijalan raya, dua kali ditegor :D. Nah disini sisi Toleransinya orang Indonesia.

Bayangin deh, kalo dijalanan itu semua orang ingin jadi yang pertama ingin paling depan, mungkin proses salip-menyalip gak akan selancar dan semulus yang sudah terbayang indah di kepala. Ada banyak pengendara lain yang bersabar, dan memberikan kesempatan untuk menyalip. Kalo semua pengendara itu gak sabaran, huh udah abis deh orang indonesia ini, baru keluar gang udah jedddar aja.

Walaupun asepnya item ngepul kemana-mana bikin sesak bikin makin lusuh kulitnya, tapi tetep aja dibiarin kok. Yah namanya juga kendaraan umum, gak ada duit buat beli pertamaxnya. Walaupun angkot suka nyalip dan berenti sembarangan, yah namanya juga orang cari duit. Sangking semangatnya.Kalo lagi pamer susu (padat merayap susul-susulan) sangat butuh orang-orang yang legowo dalam hal ini. Kalo tiap hari orang indonesia yang bawa kendaraan dijalanan emosian, gak sabaran, gak toleransian, kemungkinan angkot sudah ditiadakan, kita naek delman saja. Jangan kan angkot, pasti kendaraan lain juga gak ada. Dijalan sepi macem jalan Tol, langsung diembat habis kecepatan maksimum gak inget malaikat izroil.hhe

Pejalan kaki pun orang yang sabaran saat berhadapan dengan kendaraan. Mereka dengan sendirinya minggir-minggir atau berhenti dulu kalo ada kendaraan lewat, takut ketabrak. Padahal ya gak ditabrak juga kok. Baik ya pejalan kaki itu, udah jalan kaki, bisa kepanasan keujanan masih saja mau mengalah. Ah toleransi emang indah. 

Kadang berkebalikan, si kendaraan yang memberikan kesempatan untuk pejalan kaki yang nyebrangnya gak di zebra cross atau dari jembatan penyebrangan gitu. Pengendaranya baik yah :3.

Yah pokoknya gitulah ya, orang di Indonesia ini emang pada baik hati kok, selalu memberi kesempatan kepada yang lain. Masih suka bikin orang seneng kok. Bikin orang tersenyum sampe rumah.

Malah waktu senin lalu gue sempet ketawa geli sendiri di atas motor ngeliat bapak-bapak yang ngedorong bus trans. Padahal posisi lampu lalulintasnya itu merah, wajar sih kalo tuh bus berenti, gak bisa gerak. Di depannya juga rame motornya. Nah yang menjadi masalah bapak itu adalah, tuh bus trans udah tau mau ke arah lurus, tapi ngambil jatahnya jalan buat yang mau belok kiri. Ya wajar juga kalo bapaknya jadi geregetan sama itu bus. Padahal itu jalan buat belok kearah kampus gue dibuat dengan tujuan memudahkan bagi yang mau belok, gak perlu kelamaan macet, eh malah diembat sama kendaraan yang ke arah lurus, atuh sama aja macet lagi. Hhe. Untungnya si sopir bus transnya gak emosian, bisa aja dia gak terima. Lampu merah kok disuruh jalan ya hhe

Tapi sampe sekarang gue masih penasaran sama perasaan bapak-bapak yang ngedorong itu bus trans di lampu merah. Berasa samsons gitu deh. Tapi makasih loh buat bapak ini, berkat bapak saya gak telat juga deh. Nampaknya bapak superman yah :)muehehehehe

Pesan gue sih, toleransi itu boleh, boleh banget malah. Baik hati itu boleh, sangat boleh. Memberi kesempatan kepada orang juga, itu boleh, benar-benar boleh. Asal jangan kasih toleransi, kasih baik hati, kasih kesempatan kepada orang lain untuk nyalip pasangan kamu ya..itu tidak membawa pada akhir yang baik.
Udah sih, malem ini mau ngeposting ini aja. Ba-bay-da-dah (^3^)//
Nafilata Primadia
Load comments