-->
Nafilata Primadia

Murid-murid Lesku.

20 februari 2014
Hari ini adalah pertemuan kedelapan saya dengan anak-anak SD yang les ditempat saya kerja part time.
Di jam pertama saya mengajar dua kelas sekaligus. Kelas satu dan kelas dua. Ini karena guru yang punya tempat les lagi ngurusin ujian skripsinya.

Sebelum berangkat ke tempat les, saya persiapkan soal latihan dulu
untuk anak-anak kelas dua. Untuk mengantisipasi keributan anak kelas dua.

Yang sudah-sudah, anak kelas dua, kalau dianggurin sebentar udah brisik banget. Maen lari-larian kemana-mana. Dan ternyata, hari ini anak kelas dua yang dateng cuman dua. Kelas satunya cuman satu. Sesuai banget deh sama tingkatannya.

Saya campur saja ketiga anak ini.

Setelah selesai menyampaikan materi. Saya ngobrol-ngobrol dengan anak-anak kelas duanya. Yang anak kelas satu sih kalo ditanyain cuman senyum-senyum, terus nyumput dah._.
Saat ngobrol, ada satu anak yang peduli dengan saya. Dia banyak tanya tentang saya. Dia tanya rumah saya di mana. Dia bilang kalau udah tau rumahnya mau maen.

Dia tanya saya kuliah, sekolah, atau kerja. Tanya kenapa sekarang gak kuliah. Saya jawab, saya lagi libur.

Dia tanya lagi, kalau udah masuk kuliah masih ngajar apa gak.

Masih nanya lagi, selesai kuliahnya kapan. Kalau udah selesai kuliah masih mau kerja ditempat les apa gak. Terus dia tanya juga saya udah nikah apa belum._. Ya saya jawab belum dong.
Eh si anak malah bilang, kalau nikahan nanti jangan lupa ngundang murid lesnya. *jeddar*
Saya bilang aja, 'Emang kalau di undang udah bisa ngasih amplop buat kondangan?' Anaknya malah ketawa-ketawa aja. Tetep minta diundang ._.

Nah kemudian kedua anak kelas dua itu menyebutkan cita-citanya.
Yang banyak tanya ke saya, dia punya cita-cita jadi guru. Pas saya  tanya kenapa, ini jawaban dia.
"kata mbak aku, kalo guru itu dipandang sama orang lain.'

Jawabannya beda sama jaman saya masih SD. Dulu temen saya kalo ditanya alesan kenapa cita-citanya pengen jadi guru, jawabannya karena ingin mencerdaskan anak-anak indonesia.
Kalau yang satunya, pengen jadi dokter. Tapi dia gak tau alesannya kenapa pengen jadi dokter. Tidak semua hal butuh alasan.

Di jam kedua, saya ngajar anak kelas 6. Dan yang dateng cuman 1. Yaudah gak apa-apa.
Saya juga agak sedikit bingung ngajar anak SD yang udah gila pacaran begini. Anak kelas enam udah sering pacaran. Udah galau kalau gak punya pacar.
Untung anaknya lumayan cepet itung-itungannya.

Tapi ya itu. Karena udah punya pacar, dia jadi suka gak fokus sama materi yang saya sampaikan. Saya jadi kesel lah. Bocah ngitung pecahan aja belun lancar, malah telponan bilang i lafyu ilafyuan ._. 

Iya. Anak murid yang kelas lima dan kelas enam berani maenan handphone kalo cuman ada saya yang ngajar. Saya sendiri males mau marahinnya. Ntik malah anaknya yang buat-buat alesan nyalahin saya lagi :D anak SD sekarang kan pinter drama gitu.

Saya bener-bener gak habis pikir, secepat ini anak SD galau mikirin pacar. Marahan sama mantan. Hingga akhirnya mantannya gak mau les, malu ketemu sama dia._.
Generasi muda indonesia udah begini.*tepokJidat*

Ayooo kita lindungi generasi-generasi muda bangsa ini dari modernisasi yang salah arah.
Nafilata Primadia
Load comments