-->
Nafilata Primadia

Pribahasa dan Faktanya

Kata orang,
Keledai tidak akan masuk pada lubang yang sama.

Pribahasa itu digunakan untuk nyindir. Keledai yang 'katanya' bego aja gak akan jatuh pada lubang yang sama. Masa manusia yang punya akal jatuh dikesalahan yang sama.

Sebenernya dulu waktu SMA, ada guru fisika saya yang suka juga sama pribahasa itu. Biasanya guru saya akan mengucapkan pribahasa itu dari mulut manisnya beberapa saat setelah membagikan kertas jawaban ujian yang udah di nilai.

Semakin sering guru saya mengadakan ujian. Semakin terulang pribahasa itu. Semakin saya gak percaya sama pribahasa itu.

Pasti itu keledai pernah jatuh ribuan kali di  lubang yang sama. Apalagi kalo dilubangnya ada kasurnya. Bantalnya. Gulingnya. Pokoknya tuh keledai tetep lebih salah dan lebih bego deh dari manusia.

Dulu saya dan beberapa teman-teman kelas sewaktu SMA sering dapet bonus ujian fisika, lagi, lagi, dan lagi. Sampai kesekian kalinya. pefeettt dah

Dan hari ini saya semakin meyakinkan diri, bahwa keledai pasti pernah jatuh kelubang yang sama sampe jutaan kali.

Hari ini saya dan hampir sekelas teman saya ikut ujian perbaikan.

Kelas saya mah gini. Ujiannya Ngegemesin sekeles. Ujian semesternya sih udah di mulai paling awal. Dari tahun lalu. Tapi ya gitu ujungnya tetep jadi yang terakhir. Apalagi soal nilai.hhe Yang penting suabar._.

Ujian perbaikan hari ini yang menjadi persoalannya ya soal ujiannya itu sendiri.

Saya kira, nih soal ujian perbaikan bobotnya akan lebih ringan dari ujian yang sebelumnya. Namun saya hanya manusia biasa. Perkiraan meleset jauuuuh pun biasa dah.

Ternyata tingkat kesulitan soalnya nyaris gak ada bedanya sama soal ujian yang awal. Cuman kali ini ngerjainnya kan dikertas lembaran, bukan di compiler, jadi gak seberapa pening sama kata error. Ada yang ditulis juga udah syukur banget dah.

Alhamdulillahnya, dua dari tiga soal saya jawab dengan tenang. Tanpa keledai dan lubangnya.

Ya mudah-mudahan saja, hasil ujian perbaikan ini bisa menambal kebocoran nilai ujian awal lalu. [aamiin]

Terakhir, saya mau ngingetin. Jangan mudah percaya sama pribahasa :v

Nafilata Primadia
Load comments