-->
Nafilata Primadia

Museum Nasional Ketransmigrasian yang (kurang) Dikenal

Museum Nasional Ketransmigrasian yang (kurang) Dikenal
Berapa museum yang pernah kalian kunjungi selama tinggal di Indonesia?


Minggu, 2 Maret 2014.
Hari ini gue bersama adek gue dan temannya pergi ke Museum Nasional yang ada di Lampung. Ya. Di Lampung. Mungkin masih banyak orang yang gak tau kalu di Lampung, tepatnya di Desa Bagelen, Pesawaran ada Museum Nasional. Namanya, Museum Nasional Ketransmigrasian.


Museum Nasional Ketransmigrasian

di Depan Gerbang masuk ke Museum




Desa Bagelen itu  menjadi daerah awal sejarah program transmigrasi di Tanah Air dilakukan. Transmigrasi pertama kali di Indonesia dilakukan di Desa Bagelen ini, di tahun 1905. Pada zaman itu nama kerennya transmigrasi, kolonialisasi.


Untuk mengenang sejarah panjang transmigrasi di Tanah Air, di atas bekas Desa Bagelen didirikan kompleks Museum Nasional Ketransmigrasian. Luasnya 6,3 hektar dari total target perluasan hingga 20 hektar.

Seinget gue, ngebangunnya ini sejak jaman gue kelas 6 SD. Dan sekarang gue udah kuliah semester 4. Pembangunannya, masih belum rampung juga katanya.


Oke, saat memasuki museum dari gerbang utama, akan terliaht bangunan yang paling besar (menurut saya)

Kebeneran pas gue kesana, lagi direnovasi gedungnya. Maklum. Kesananya hari minggu. Hampir semua gedung dan anjungannya juga ditutup. Ada beberapa anjungan aja yang dibuka. Jadi belum sempat masuk ke gedung yang di atas itu. Cuman ngintip-ngintip dikit aja.

renovasi gedung oleh kang bangunan

Gedung Tampak Dari Samping



Jalan dari arah gerbang masuk


hasil ngintip. ternyata yang keintip kebo ._.

Melanjutkan perjalanan lagi, maka kita bisa menemui kepala pak ogah ini. *Eh salah fokus*.

Bola Besi



Di areal museum ini, bisa ditemukan artefak menandai tonggak perjalanan program transmigrasi nasional sejak masa kolonial Belanda hingga Orde Baru. Artefak unik yang dapat kita jumpai di antaranya monumen bola besi raksasa untuk membuka lahan.

Di masa lalu, bola besi yang memiliki diameter lebih dari 1,5 meter tersebut digunakan untuk membuka areal baru, menebangi pepohonan dan semak belukar. Cara kerjanya, dua buah bola diisi dengan air dan diikatkan dengan rantai sepanjang 40 meter, lalu dibiarkan menggelinding atau didorong.



Di dekat lokasi bola besi ini ada bangunan baru. Yaitu musholanya. Baru liat maksudnya. Kesini pas bulan puasa kemaren belum ada sih.

Disebelah kanan jalan menuju ke bola besi tadi, kita bakal ngelewatin gedung serba gunanya. Dulu sempet mau nyewa nih gedung buat acara buka bersama keluarga Akselerasi SMANDING. sok kaya gitu.waks:v


Berikut beberapa foto anjungan beserta adek gue :D. Ya karena kesininya pas hari libur, sebagian besar anjungannya di tutup semua. Yang nunggu lagi pada pulang kampung, mungkin.


anjungan lampung (nuwo sesaat)

pintu depan anjungan lampung


anjungan bali
Adek saya yang baju Ungu
Di anjungan Bali



Anjungan DKI Jakarta




Anjungan DKI Jakarta



Anjungan NTT dan Penghuninya XD


Itu yang Poto Dianjungan NTT Gak keliatan :D






Anjungan Jawa Barat

Anjungan Jawa Barat dari Samping tapi agak nyerong 



Anjungan Jawa Tengah.
Ada ajudannya noh di anjungan jawa tengah. Tiati ntik dilirikin :Duwuwuwuuw



anjungan Banten


Anjungan Jawa Timur



Penjaga anjungan Jawa Timur ada tiga tuh.



Tebak yang di bawah ini, anjungan apa hayooooooooooooooooooo
Diantara semua anjungan, dari pertama kali dateng ke museum ini, gue paling seneng sama anjungan ini. Unik gitu. Dan dibuka. Jadi bisa masuk ke dalem.

Anjungannnnnn....
Ini adalah anjungann....
anjuangan ntb



ANJUNGAN NTB

Yah cuman gini nih. Keburukan masyarakat Indonesia. Udah susah-susah dibangun, ngeluarin banyak biaya, eh malah dibiarkan begini saja. Ruangan di dalemnya kotor ._.

salah satu ruangan di anjungan NTB

Duh, nih kursi kalo gak mau di rawat boleh kalik di bawa ke rumah gue aja.hhe
Ruang Tamu di Anjungan NTB
Yang ini gimana?
Pak, bocor. Bocor-bocor!
Kondisi Atap di Anjungan NTB
Nah ini, malah pasang contact di dinding. Jomblo kesepian banget kayaknya nih orang. Ngerusak fasilitas negara. Bener-bener anak muda. Oh ya, setahu gue, dulu nih tempat emang suka dipake buat pasangan berpaca.....*sinyal kabur* Jadi sejak beberapa waktu lalu, kata temen gue, di buat aturan, kalo ada cowo cewe dateng bersamaan berduaan, akan dicurigai sebagai orang cuman numpang paca...*sinyal ilang lagi*. Dan mereka tidak akan diperkenankan masuk.

Coretan di dinding anjungan NTB


Karena yang di buka dan bisa dilihat isi dalemnya cuman anjungan NTB. Ya inilah isinya. Tapi gak ada keterangnnya. Yang penting potonya dah :D

satu-satu foto baju adat yang di Dapet

Nuwo Transmigran Way Kanan



nah, pas liat anjungan yang di bawah ini, adek gue tanya. Emang daerah suriname itu di mana?
Gue jawab, di Amerika. Eh dia malah ngira emang banyak orang Amerika yang tinggal di lampung. Akhirnya gue pun menjelaskan pada adek gue dong :D


Anjungan Suriname

Lapangan
Gambar lapangan di atas itu, gue gak tau  di kasih nama apa. Lokasinya berada di (hampir) tengah-tengah dari anjungan-anjungan. Karena beberapa anjungan ada disekitarnya


Areal persawahan di dalam museum
Areal persawahannya ada di dekat anjungan lampung, suriname dan NTB. Yang di atas adalah sawah dekat anjungan NTB. Ada gubukannya juga. Kemaren pas kesini ada beberapa orang yang berburu. Burung.
Ini mbak-mbak parkir

Kapan terakhir kali Anda mempelajari sejarah Indonesia?

Kalau gue, terakhir kali mempelajari sejarah disekolah itu sekitar dua tahun lalu. Pelajaran sejarah di sekolah itu memang bikin ngantuk. Guru menjelaskan, murid tidur. Atau guru tidur murid tidur juga.


Gue jadi inget waktu SMA, pelajaran sejarah membahas tentang manusia purba. Nah, guru gue terus bilang. Di Lampung juga ada tempat penemuan salah satu prasasti. Pas ditanya, di mana itu lokasinya. Anak sekelas gak ada yang jaawab. Ya,. Gak ada. Guru gue ya kaget.

Pertanyaannya berlanjut. Kalau gak pernah dateng langsung ke tempatnya, pasti pernah liat di Museum Lampung kan?. Lagi-lagi jawabannya, Enggak pernah.Dari 19 anak, udah 16 tahun tinggal di Lampung saat itu, belum pernah juga masuk ke Museum Lampung. Sungguh.



Yah, mungkin memang begitulah orang Indonesia. Tidak suka mempelajari sejarah bangsanya sendiri. Malah, sewaktu kegiatan study tour ke Borobudur, Prambanan, gue dan temen-temen yang lain beserta gurunya, lebih banyak sibuk poto-poto ketimbang menggali informasi tentang sejarah dari tempat yang dikunjungi.


sumber referensi:
http://ulunlampung.blogspot.com/2010/05/museum-bagelen-kampung-transmigrasi.html
Nafilata Primadia
Load comments