-->
Nafilata Primadia

15 Cara Agar Mudah Bangun Untuk Shalat Malam

15 Cara Agar Mudah Bangun Untuk Shalat Malam

 
Baby Face
Tidur Nyenyak



Sering gak sih kalian ngerasa susah banget mau bangun untuk ngelaksanain shalat tahajud. Rasanya kayak nempel banget sama kasur dan bantal. Matanya lengket banget gitu.

Kalau gak, biasanya selalu nunda-nunda untuk bangun. Misal kebangun terus lihat jam, eh masih jam 3. Tidur dulu bentar, berharap bangun lagi jam setengah 4. Eh gak tahunya malah kebangun jam setengah 7. Saya juga sering kayak gini :'

Nah ini ada cara untuk mendapatkan tidur yang baik. Yaitu tidur yang berharap dapat terbangun di tengah malam untuk bermunajat kepada Allah SWT. Tidur yang kayak gini nih yang diharapkan dalam Islam.Baca juga (Shalat yang Lebih Utama Setelah Shalat Fardlu)

Para ulama kemudian menafsirkan tata cara untuk mendapatkan tidur seperti itu di dalam kitab-kitabnya yang terkenal. Tata cara ini diambil dari keterangan para ulama seperti Imam al-Ghazali, Ibnu Qudamah, al-Maqdisy, dan Abu Bakar Jabir al-Jazairi. Adapun cara-caranya adalah :

1. Tidak Banyak Makan Sebelum Tidur.
tips mudah bangun malam
Makan Besar

Nah lho, siapa tuh yang suka makan dulu sebelum tiduur karena takut kepaleran pas ngimpi kejar-kejaran sama tukang somay. Sedikit makan disini bukan berarti diet ekstrim ya. Dianjurkan kepada seorang Muslim, ketika hendak tidur perutnya tidak penuh sesak dengan makanan. Banyak makan diwaktu malam bisa mengakibatkan kantuk.

Pilihlah makanan yang mudah dicerna. Yang gak kelamaan ngumpet dilambung dan bikin darah kumpulannya disekitar lambung, eh ntik malah jadi makin malas dan nguantuk lagi.

2. Tidak Membuat Diri Lelah Disiang Hari dengan Pekerjaan Dunia
Dalam sabdanya, Rasulullah Saw mengatakan bahwa Allah SWT sangat membenci orang yang bekerja terlalu berat hanya untuk memenuhi kebutuhan dunianya. Hingga ibadah-ibadah yang lain—bahkan shalat ditelantarkan.

Islam menganjurkan umatnya untuk bekerja mencari nafkkah, bahkan sudah menjadi kewajiban mereka. Tetapi, jika bekerja hingga meninggalkan kewajiban sebagai sebagai hamba, maka hal itu tidak dibenarkan.

Adapun hadis yang menyatakan bahwa Allah SWT membenci orang yang bekerja terlalu berat untuk dunianya adalah: 
Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah Saw bersabda , “Sesungguhnya Allah SWT sangat membenci orang yang bekerja terlalu berat, orang yang banyak makan, orang yang sering membuat kegaduhan di pasar, bangkai pada malam hari, keledai oada siang hari, dan orang yang menguasai urusan dunia tetapi tidak mengenal akhirat.”(H.R Ibnu Hiban dan al-Baihaqi)

3. Tidur Sebentar di Siang Hari (qailulah)
Sahabat Ibnu Abbas berpendapat bahwasanya terdapat tiga macam sifat tidur.
Yang Pertama, tidur di pagi hari yaitu tidurnya orang pembohong.
Yang Kedua, tidur di siang hari yaitu tidurnya orang berbudi pekerti.
Yang Ketiga, tidur di sore hari, yaitu tidurnya orang bodoh.

Setelah diteliti, ternyata tidur sebentar di siang hari (qailulah) menjadikan seseorang lebih bugar, lebih bersemangat, dan lebih bergairah. Peneliti Yunani juga berkesiimpulan bahwa qailulah dapat mengurangi bahaya penyumbatan darah hingga 30 persen.

4. Tidak Melihat Hal-hal yang Diharamkan
tips mudah bangung malam
close ur eys

5. Pada Siang Hari Tidak Berbohong, Mengadu Domba, dan Banyak Bercanda

6. Tidur dalam Keadaan Suci
Ibnu Qudamah al-Maqdisy mengaunjurkan kita untuk bersuci terlebih dahulu ketika hendak tidur.
“Al-Bara' bin 'Azib menyampaikan kepadaku, dia berkata, Rasulullah Saw berkata Kepadaku, “Jika kamu hendak tidur, maka berwudhu-lah sebagaimana wudhu hendak shalat. Kemudian tidurlah di atas pinggulmu yang kanan.””(H.R. Ibnu Khuzaimah)

7. Taubat Sebelum Tidur
Ketika seseorang telah suci badannya dari najs, sebaiknya juga membersihkan hatinya. Karena tidak ada yang tahu kapan ajal itu datang. Bisa saja saat sedang tertidur lelap.

8. Sucikan Hati
Kita juga dianjurkan untuk memperbanyak kegiatan yang bersifat ruhani, seperti berikut:
1. menjaga hati dari gila dunia,
2. tidak sering berangan-angan,
3. banyak mempelajari fadhilah shalat malam dari ayat Al-Quran dan hadis-hadis. Sehingga mampu mendorong diri untuk dapat meraih pahala shalat malam.
4. Dan yang paling penting dari semuanya adalah cinta kepada Allah SWT dan iman yang kuat ^^
Tips mudah bangun malam
Cinta Allah STW dan Iman yang Kuat

9. Tunaikan Amanat
Lebih baik sampaikan dahulu amanat atau wasiat dari orang lain, baru kemudian tidur. Karena ada hadis shahihnya juga nih. Hadis Riwayat Imam Muslim, amanat atau wasiat tersebut hukumnya menjadi wajib baginya.

10. Tidak Membuat Tempat Tidur yang Mewah
Menurut Rasulullah Saw, bermegah-megahan dengan tempat tidur dapat menghalangi sesorang untuk bangun malam. Bahkan, bagi Rasulullah Saw sendiri, hal itulah dapat menghalangi beliau untuk menunaikan shalat malam.

Rasululllah Saw bersabda, “Berbaring di atasnya (tempat tidur yang mewah) dapat mencegah shalat malamku.”(H.R. as-Suyuthi).

Nah, Rasul saja merasa terhalangi dengan tempat tidur yang megah-megah, apalagi kita yang hanya manusia biasa :)).

11.Tidur Hanya pada Saat Mata Mengantuk

12. Tidur Menghadap ke Arah Kiblat, di Atas Pinggul Sebelah Kanan, dan Jangan Lupa Berdoa.
Dari 'Aisyah r.a “Sesungguhnya Nabi Saw setiap malam ketika hendak tidur, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya kemudian meniupkan pada keduanya dan sebelumnya membaca surah al-ikhlas, al-falaq, dan an-Naas, kemudian membasuh kedua tangannya ketubuhnya. Beliau memulainya dari kepala dan wajahnya, dan sisa anggota tubuh yang lain. Dan itu beliau lakukan sebanyak tiga kali.”(H.R. 'Abu Dawud)
animasi anak muslim
Doa Sebelum Tidur

13. Tidak Tidur Sebelum Shalat Isya Dikerjakan
Sebagaimana hadis yang berbunyi, 

Dari Sayyar bin Salamah Abu al-Minhal berkata, aku mendengar Abu Barzah berkata, Rasulullah Saw mengakhirkan Isya hingga sepertiga mala, dan beliau tidak menyukai tidur sebelu menunaikan shalat Isya, dan beliau juga tidak menyukai perbincangan yang tidak perlu setelah shalat isya(H.R. Muslim).

Menurut An-Nawawi, pembicaraan yang dimaksud adalah dalam persoalan yang tidak bermanfaat.

14. Tidur Tidak Tengkurap
tips mudah bangun tidur
tidur tengkurap

15. Mengucapkan Zikir-zikir Sebelum Tidur
Adapun zikir-zikir tersebut, yaitu mebaca kalimat tasbih 33x, hamdalah 33x, takbir 34x, membaca awal surah al-Baqarah hingga ayat kelima, membaca ayat kursi.
zikir-zikir sebelum tidur
berzikir


Dari beberapa cara di atas ada beberapa yang ternyata saya malah melakukan kebalikannya. Dan beberapa juga sudah saya praktekan beberapa hari ini. Alhamdullillah, bisa.
Semoga kita menjadi lebih baik lagi. Aamiin. :)


sumber artikel: Mukjizat Tahajud dan Subuh--Yusni A.Ghazali
sumber gambar:
wanwma.com
http://hmjpaistaipi.blogspot.com/2012/11/etika-tidur-dan-bangun.html  
www.tribunnews.com 
http://surausmkdhtk.blogspot.com/2011_02_01_archive.html 
ayonikah.net 
www.lp3ui.com 
veromaya.blogspot.com 
Nafilata Primadia
Load comments