-->
Nafilata Primadia

Jadikan Indonesia GILA Baca dan Tulis

Jadikan Indonesia GILA Baca dan Tulis
Apa semua tahu tentang Ikapi?

BELUM...
Salah satunya saya. Sebelum ada Lomba Blog #PameranBukuBdg2014 ini, saya juga gak tau IKAPI itu apa. Pernah denger pun gak langsung nyari tentang IKAPI itu apa. *duh dek*

Nih buat yang belum tahu. Dikutip dari laman resmi ikapi.org, Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) itu kumpulan dari seluruh penerbit di Indoneisa dan menjadi satu-satunya di Indonesia. Dan ternyata Ikapi ini sudah berdiri sejak tahun 1950, dan saya baru tahu. Ohhh...begitu banyak hal yang memang belum saya cari tahu :(. Dan rasanya ibu dan bapak saya juga gak tahu deh sama Ikapi ini. Jadi Ikapi ini belum terlalu dikenal masyarakat, atau cuman keluarga saya aja ya yang gak ada pengetahuan tentang Ikapi ini :D

Setelah saya mengunjungi website resmi Ikapi, saya lihat event-eventa sudah banyak juga. Ada Kelas Menulis Fiksi, Kursus Penulisan--Penerbitan, Seminar Internasional, dan tentunya ada Pameran Buku. Salah satunya yaitu Pameran Buku Bandung 2014 yang diadakan di Landmark, Jalan Braga 129 Bandung. Event ini diselenggarakan mulai 29 Agustus sampai 4 September besok. 

Kegiatannya gak cuman sekadar Pameran Buku Doang doy, ada banyak acara unggulan lainnya. Nih, lihat di brosurnya nih. *bukan males ngetik kok*
Pameran Buku Bandung 2014
Acara Unggulan Pameran Buku Bandung 2014

Toward Reading and Writing
Menuju Bandung GILA Membaca dan Menulis
Saya suka banget sama kalimat 'Menuju Bandung GILA membaca dan menulisnya'. Semoga selanjutnya adalah Membuat gila membaca dan menulis Indonesia Raya. Biar Indonesia JUARA. Nah, itu salah satu acaranya kan ada Menulis 100 Cerpen oleh 100 Guru dala 100 Menit. Semoga besok-besok ada acara menulis cerpen yang dilakukan oleh seluruh siswa SD di Indonesia. Kan biar makin Gila menulis sejak dini. 

Harapan saya Ikapi benar-benar bisa menjadi rujukan dalam mengembangkan dunia baca tulis. Dan event-event yang diselenggarakan tidak hanya di kota-kota besar saja. Bahkan, Lampung yang lokasinya dekat dengan Jakarta saja belum pernah ada event Pameran Buku. Mungkin, karena kebutuhan membaca masyarakat Lampung dianggap masih kurang ya. Yah, di kampung saya saja, yang dulu ada Taman Baca Masyarakatnya sekarang malah udah dirubuhin tempatnya. Karena udah gak ada lagi yang datang untuk pinjam dan baca bukunya.

Semoga, pameran buku dan acara-acara unggulan semacam ini bisa segera terlaksana di daerah-daerah Indonesia lainnya.

Nah, kalau saya jadi pengurus Ikapi,
dalam mengembangkan dunia baca tulis di Indonesia, saya ingin mengajak semua penerbit mengajukan wajib membaca dan mengarang untuk para siswa di Indonesia kepada Mentri Pendidikan kita. Ya kalo mentrinya ternyata gak mau, saya akan tetap mengajak 1000 lebih anggota Ikapi untuk bekerja sama dengan sekolah-sekolah di Indonesia untuk gerakan GILA membaca. Ikapi tentu saja harus membantu dalam penyediaan buku-bukunya. 

Kemudian, saya akan buat Duta Baca dan Tulis Ikapi. Ini di pilih dari tiap provinsi. Jadi masing-masing duta juga akan menyampaikan asyiknya jadi Penggila Baca dan Tulis :D

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog #PameranBukuBdg2014
Nafilata Primadia
Load comments