-->
Nafilata Primadia

[Jangan] Bangga Jadi Pengemis, Nak!

[Jangan] Bangga Jadi Pengemis, Nak!


info beasiswa terbaru
beasiswa
Minggu (13/10) pagi kemarin sembari menemai emak saya menyetrika, saya memulai suatu obrolan ringan denganya.
saya    :"mak, gaji bapak berapa ya? sampe 4jutaan gak?"
emak  :"Ya lebih, 4juta lebih lah. Tapi ya itu, potongannya 1juta lebih juga."
saya    :"Oh..yang sampe tangan 3juta, tapi di surat gajinya tetep ditulisnya 4juta ya. Ada pembukaan beasiswa lah, tapi syaratnya gaji orang tua maksimal 3 juta. Harus pake  surat keterangan tidak mampu juga. Piye mak?"
emak  :"Ya gak usahlah. Ngapain ngedapetin sesuatu yang baik dengan cara yang salah. Mending gak usah. ndak nanti kebiasaan. Sekarang hal kecil kayak gitu, karena udah pernah, nanti bakal nyoba-nyoba kayak gitu lagi. Bersyukur orang tua iki gak masuk kategori miskin. Mending gak usah. Cari beasiswa prestasi yang lainnya aja."
saya    : [...............]



Sebenarnya gak sekali ini saya meminta ijin untuk pengajuan beasiswa yang syaratnya harus ada surat keterangan miskin. Bahkan, dulu saat semester pertama, saya pernah berbincang-bincang dengan bapak saya tentang susahnya ngajuin beasiswa di kampus saya. Bapak saya pun memberikan jawaban yang intinya sama dengan jawaban emak saya di atas, tapi lebih ngena lagi.

"Saya gak mau dijadiin miskin. JANGAN JADI PENGEMIS lah. Kalo saya masih mampu, saya biayain. Orang miskin aja pada pengen kaya, ini malah harus jadi miskin dulu untuk dapet beasiswa. Gak usah."

Begitulah bapak saya.
Bapak saya kalo ngobrol emang pakenya 'saya' gitu :))

Saya tentu aja bangga dengan sikap kedua orang tua saya ini. Karena rasanya gak semua orang tua akan memberikan nasihat seperti ini kepada anaknya. Terlebih dijaman sekarang ini kan. Duit itu suatu kebutuhan yang sangat penting gitu. Kalo ada kesempatan bisa dapet duit, ya langsung aja diambil. Walaupun caranya ada yang kurang pantas. Kalo kata dosen saya
"Ya jangan ngambil haknya orang lain lah ya."

Dulu sewaktu SMA kelas 12, menjelang SNMPTN--seleksi masuk PT, guru saya di sekolah juga menawari di kelas saya--siapa yang mau mengajukan diri untuk dapat beasiswa bidik misi--dengan syarat harus mengumpulkan surat keterangan tidak mampu. Uang bebasiswa yang didapat itu sekitar Rp6juta persemester. Saat itu saya berpikir, dapet duit segitu, lumayan banget. Tapi ya itu, syaratnya itu lho. Harus punya surat keterangan miskin. Ya saya pribadi juga gengsi, kalo harus membuat bapak saya jadi miskin. Pasti akan jadi omongan orang juga, kalau saya maksa minta surat keterangan miskin. Saya gak tega menjatuhkan harga diri bapak saya.

Bapak saya oranganya memang punya gengsi yang lumayan gede. Walaupun kondisi materi keluarga saya sekarang belum melimpah ruah, tapi saya bersyukurlah, kondisinya pas-pasan. Pas saya mau kuliah, pas ada dananya. Pas saya mau beli motor baru, pas ada lagi dananya :D

Oke, kembali kecerita waktu SMA. Saat itu ada teman saya, yang menurut saya kondisi ekonominya sangat jauh lebih baik dibandingkan keluarga saya. Sayangnya, dia menang di anak orang tuanya banyak--dan belum nikah. Padahal mamas sama mbaknya udah kerja, tapi dia ngotot pengen dapetin itu. Orang tuanya pun pedagang besar. Lhah...saya gak setujulah kalo dia mau ngajuin diri dapetin beasiswa itu. Walaupun emak--teman saya ini sangat menyetujui anaknya untuk mengajukan beasiswa BM ini dan sangat menyarankan anaknya untuk segera minta surat keterangan tidak mampu dari kelurahan, Alhamdulillah, ternyata bapak--temen saya ini, punya cara berpikir yang sama dengan bapak saya. GAK MAU DIMISKINKAN.

Saya juga sempat menanyakan kepada teman saya yang hendak mendaftarkan diri untuk mendapat beasiswa BM. Tapi ternyata dia gak jadi. Karena bapaknya juga gak mau kalo harus pake surat keterangan miskin. Ya...kecewa sih teman saya ini. Gagal dapet uang Rp6juta dari BM. *pukpuk*. 

Tapi saya bangga dengan bapak saya dan bapak-bapak teman saya ini. Mereka benar-benar sudah bekerja keras untuk keluarga lho, berusaha untuk tidak menjadikan keluarganya sebagai keluarga miskin. Wajar sajalah jika mereka menolak jika harus pura-pura miskin. Juga mereka ini telah mengajarkan nilai moral yang sangat baik. Mereka gak mau anaknya jadi orang yang menempuh cara apapun hanya demi uang. Mereka tetap yakin, ada jalan lain yang jauh lebih baik untuk mendapatkan rezeki yang berkah.

Saya juga teringat ketika semester dua, untuk pertama kalinya saya mengajukan diri untuk mendapatkan beasiswa prestasi. Tidak ada syarat harus miskin dulu. Meski namanya beasiswa prestasi, tapi tetap saja, yang dilihat lagi-lagi penghasilan orang tua. Padahal saat itu saya dan seorang teman saya yang lolos dan mendapatkan beasiswa PPA ini mempunyai nilai IPK yang sama. Tapi alhamdulillah, keterangan penghasilan bapak saya lebih besar dari bapak dia. Akhirnya dia yang dapat. Saya???saya jadi males lagi mau ngajuin beasiswa macam gini. Saya merasa---sebagai anak PNS saya menjadi kambing hitam. Selalu ada kata seperti ini
"Ya kan kamu anak PNS, penghasilannya lebih besar. Aku anak tani."

Nah lho. kalo petani sawit atau getah karet, dan lahannya milik sendiri, penghasilan orang tua you jelas lebih tinggi lho dibandingkan dengan bapak i. :D

Benar kata teman saya, mengajukan beasiswa ini kita seperti menjadi apa ya saya lupa istilah yang dia gunakan, tapi ya mirip-mirip dengan kata Pengemis gitulah.

Hidup begitu adil, ada yang kuliah bawaannya mobil pribadi--walaupun gak seberapa mewah--tapi dapet beasiswa miskin. Mungkin karena mobilnya masih pake premium, jadi ya gitu deh..hahahaha 

Nasihat orang tua saya sudah begitu dalam. Orang tua saya sudah mengajari saya, sehingga saya tidak khilaf untuk menggunakan cara yang kurang pantas demi dapet duit beasiswa--terus buat beli hape baru.hahahahaha

sumber gambar:
http://if.its.ac.id/
Nafilata Primadia
Load comments