-->
Nafilata Primadia

Dua Jenis Janda di Indonesia

Dua Jenis Janda di Indonesia
Senin (4/5) adalah kali pertama bagi saya ditahun 2015 ini naik kendaraan umum. Setelah mendapatkan SIM C di akhir tahun 2012 lalu, saya sudah sangat jarang menggunakan kendaraan umum untuk bepergian dengan jarak jauh.

Hari ini saya naik bus AC, karena bus ekonomi tidak ada yang lewat lagi. Sopir bus AC pagi itu memutar lagu-lagu dangdut kekinian--yang liriknya ada kata-kata yang sedang booming.

Beruntungnya saya duduk disebalah orang yang saya kenal. Jadi saat saya senyum-senyum gak dicurigai salah menu sarapan. Dari sekian lagu yang diputar, saya heran, kenapa liriknya nyaris sama semua. Cuma beda suara penyanyi dan nadanya.


cita citata
mbak Cita Citata Sedih?

Lagu dengan  kalimat 'aku mah apa atuh', ada tiga versi nyanyian. Dan saya geli sendiri mendengar lagu-lagu itu. Saking gelinya sampe saya senyum-senyum sendiri. Tapi ya saya sembunyi-sembunyi juga senyumnya, tetep takut dikira alergi AC sama yang duduk sebelah saya.

Dari lagu-lagu di bus AC itu jugalah kemudian saya mengetahui, ternyata Janda di Indonesia ini ada beberapa jenisnya. Lagu-lagu tentang janda ini juga gak kalah bikin gelinya. Sampe-sampe pas di reffnya saya langsung keinget janda-janda di RT saya. Hhe

Berikut ini adalah 2 jenis janda di Indonesia yang saya ketahui dari bus.

1. JAMUR

Hah, jamur?
Jamur crispy?

Pertama mendengar kata jamur di lagunya, saya langsung kepikiran jamur crispy. Jadi laper saat itu juga. Sewaktu dilanjutkan liriknya, ternyata JAMUR adalah Janda Muda Rapuh.


jamur tiram
Si Bapak, Seneng Bener Banyak Jamur



Ahhh....saya langsung inget berita-berita kriminal. Anak-anak ABG dan mahasiswi yang hamil diluar nikah, kemudian dinikahkan, lalu diceraikan. *Loh..ini di acara berita apa sinetron*

Selain itu, saya juga jadi keinget sama Mbak Risti Tagor. Itu dia bercerai karena sudah beda prinsip, terus setelahnya lepas hijab. Kan rapuh. *Ini siapaaa?????*


2. JAGUNG BAKAR
jagung bakar
Real Jagung Bakar

Ini apalagi?
saya sebenarnya sudah ingin melepaskan tawa saat mendengar lagu ini. Tapi apa daya, dinginnya AC bus membungkam mulutku.

JAGUNG BAKAR zaman sekarang sih udah beda lagi. JAGUNG BAKAR itu Janda Tanggung Baru Mekar.
Ini janda apa bunga mawar? Tanggung lagi.

Bisa ada klasifikasi Janda Tanggung ini berdasarkan apa ya. Saya curiga yang menciptakan lagu sebenarnya tukang jagung bakar. Jadi ini adalah pemasaran secara terselubung dan sistematis oleh si tukang jagung bakar *halah*


Kalian yang belum tahu lagunya, biar tidak penasaran nih saya kasih lirik lagunya.
(Saya searching digugel, saran kata penelusuran lainnya yang keluar ya jagung bakar yang bisa dimakan itu)

Akibat kawin muda karena nafsu belaka
Baru sebulan menikah
Kini ku sudah berpisah
Orang bilang jagung bakar
Janda tanggung baru mekar
Rumah tangga jadi bubaran
Kini aku hidup sendirian
Jagung bakar kopi susu
Jadi janda banyak yang merayu
Bang haji mau, bang romi mau
Bahkan bang jali juga mau
Jagung bakar kereta api
Baru jadi janda banyak yang menanti
Mas oji ngantri, mas bejo ngantri
Bahkan kang dadang juga ngantri
Jagung bakar janda tanggung baru mekar
Tapi aku tak mau layu
Akibat kawin muda
Karena nafsu belaka
Baru sebulan menikah
Kini ku sudah berpisah
Orang bilang jagung bakar
Janda tanggung baru mekar





*Bahkan tulisan ini sudah mengendap selama satu bulan. Saya benar-benar merasa kutilan, membiarkan banyak draft yang kemudian terbuang...huft*
*Saya sedang pura-pura sibuk*

Nafilata Primadia
Load comments